Pengertian Kebutuhan Secara Umum dan Tipe-tipenya

Pengertian kebutuhan adalah keinginan manusia akan suatu barang dan juga jasa yang mana keinginan tersebut bisa memberikan kepuasan dalam bentuk rohani dan juga jasmani yang bertujuan memberikan kecukupan untuk kebutuhan hidupnya.

Jika berkaitan dengan kebutuhan manusia, apabila mayoritas kebutuhan manusia sudah terpenuhi, maka manusia tersebut bisa dikategorikan manusia yang makmur. Dengan demikian, tingkat kemakmuran manusia bisa diukur dengan apakah terpenuhinya kebutuhan manusia tersebut atau belum.

Kemudian, hal yang perlu diketahui ialah mengenai perbedaan antara kekayaan dan juga kemakmuran. Kekayaan dan juga kemakmuran merupakan dua hal yang berbeda.

Perbedaan Kekayaan dan Kemakmuran

Selain pengertian kebutuhan, hal lain yang bisa anda ketahui kaitannya dengan kebutuhan ialah mengenai perbedaan antara kekayaan dan juga kemakmuran.

Jika berbicara mengenai kekayaan, kekayaan biasanya menunjukkan kaitannya dengan jumlahnya barang dan juga jasa yang dipunyai oleh seseorang. Sementara itu, kemakmuran lebih ke pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan demikian, orang yang dikatakan makmur jika memang mereka sudah memenuhi segala apa yang menjadi kebutuhannya bukan keinginannya.

Oleh karena itu, kebutuhan manusia satu dengan yang lain mungkin bisa berbeda-beda. Selain perbedaan antara kemakmuran dan juga kekayaan tersebut, saya juga akan membedakan perbedaan kebutuhan berdasarkan pada tingkat kepentingannya.

Definisi Kebutuhan Berdasar Tingkat kepentingan

Kebutuhan pada tingkat kepentingannya bisa dibedakan menjadi tiga kebutuhan,yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan juga kebutuhan tersier. Kebutuhan primer merupakan salah satu kebutuhan yang mutlak atau wajib dipenuhi oleh manusia.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk menjaga eksistensi kehidupan manusia tersebut. Beberapa contoh kebutuhan primer yang bisa anda ketahui ialah makanan, sandang dan juga papan atau rumah.

Selain kebutuhan primer, kebutuhan lainnya berdasarkan pada tingkat kepentingannya ialah kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder ini merupakan kebutuhan tambahan yang tidak mutlak untuk dipenuhi. Dengan demikian, punya atau tidaknya anda barang-barang primer tersebut anda masih bisa untuk melanjutkan hidup. Beberapa contoh kebutuhan sekunder ialah barang-barang elektronik. Kebutuhan terakhir dalam pengertian kebutuhan ialah kebutuhan tersier yang merupakan kebutuhan yang tidak harus untuk dipenuhi.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Kebutuhan Secara Umum dan Tipe-tipenya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: