Pengertian Kebijakan Publik dan Contohnya

Pengertian kebijakan publik adalah suatu proses perbuatan kebijakan oleh suatu pemegang kekuasaan yang akan memberikan dampak pada masyarakat. Menurut para ahli kebijakan publik memiliki arti yang sangat banyak sekali. Misalnya menurut W.N Dunn, kebijakan publik adalah suatu daftar pilihan tindakan yang saling berhubungan yang disusun oleh suatu instansi atau pejabat pemerintah antara lain dalam suatu bidang pertahanan, kesehatan. Pendidikan, kesejahteraan dan lainnya. Jadi dalam sebuah sistem pemerintahan, pasti ada yang namanya kebijakan publik yang berdampak pada masyarakat umum.

Macam-Macam Kebijakan Publik

Kebijakan publik ini dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan banyak faktor. Misalnya kebijakan publik berdasarkan pembuatnya dibagi menjadi dua. Ada kebijakan pusat dan kebijakan daerah. Untuk yang pusat berarti kebijakan tersebut berasal dari pusat atau pemerintahan yang paling tertinggi. Sedangkan kebijakan daerah berdasarkan daerah masing-masing. Misalnya provinsi, kabupaten dan lainnya.

Kebijakan publik juga dibagi berdasarkan sifatnya. Dibagi menjadi kebijakan distributif, kebijakan ekstraktif dan regulatif. Dari sini kita bisa mempelajari pengertian kebijakan lebih mendalam. Untuk distributif kebijakan yang mengalokasikan sumber material kepada masyarakat. Untuk ekstraktif penyerapan sumber material dari masyarakat luas dan regulatif berarti berdasarkan peraturan yang harus dipatuhi semua warga negara.

Ciri-Ciri Kebijakan Publik

Kebijakan publik juga memiliki ciri-ciri yang harus anda pahami. Kebijakan publik merupakan arahan dari seseorang, kelompok atau pemerintah, kebijakan publik harus dikerjakan atau tidak dikerjakan oleh suatu orang atau pemerintah, kebijakan publik menjadi bentuk konkret antara negara dan rakyatnya. Ciri terakhir kebijakan publik menjadi suatu rangkaian di pemerintahan, misalnya pada undang-undang.

Dalam sebuah pemerintahan, kebijakan publik menjadi hal yang sangat penting. Dengan adanya kebijakan publik ini membuat sebuah negara bisa berjalan dengan baik dan teratur. Pemerintah bisa mengatur semua rakyatnya dengan lebih mudah. Itulah sedikit informasi mengenai pengertian kebijakan publik. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: