Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Jurnal Umum

Istilah jurnal umum itu sangat erat kaitannya dengan akuntansi. Jadi dapat dinyatakan bahwa pengertian jurnal umum adalah sebuah jurnal yang memiliki kegunaan untuk melakukan pencatatan segala jenis transaksi keuangan yang dilakukan dalam sebuah periode tertentu. Jadi, jurnal umum ini seperti semacam buku harian milik perusahaan yang berisikan catatan-catatan transaksi yang terjadi secara keseluruhan.

Jurnal umum ini biasanya lebih tepat untuk digunakan oleh perusahaan jasa. Sedangkan jurnal khusus jauh lebih cocok digunakan oleh perusahaan perdagangan. Namun jurnal umum juga biasanya tetap digunakan untuk mencatat berbagai bukti transaksi yang tidak tercatat dalam jurnal khusus.

Tujuan Jurnal Umum

Dalam pengertian jurnal umum, jurnal umum ini digunakan untuk keperluan pencatatan segala jenis transaksi keuangan. Jadi, pada dasarnya penggunaan jurnal umum memiliki tujuan untuk melakukan beberapa hal dari transaksi yang dilakukan, mulai dari pengidentifikasian, penilaian dan juga pencatatan mengenai pengaruh ekonomi yang timbul dari segala jenis transaksi keuangan tersebut.

Fungsi Jurnal Umum

Selain tujuan di atas, jurnal umum juga memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi historis, fungsi analisis, fungsi mencatat, fungsi instruktif dan juga fungsi informatif. dalam fungsi historis, jurnal umum bisa digunakan untuk mencatat secara keseluruhan dan secara beruntun bukti transaksi keuangan sesuai dengan waktu atau tanggal transaksi dilakukan.

Kemudian dari fungsi mencatat, jurnal umum memang berfungsi sebagai media untuk mencatat seluruh transaksi keuangan secara terperinci dan lengkap. Sementara dalam fungsi analisis, jurnal umum juga dapat berfungsi untuk melakukan analisis pada transaksi guna menentukan akun debet dan kredit.

Selain itu, dalam pembahasan fungsi jurnal umum ini juga terdapat fungsi instruktif yang berarti jurnal umum adalah perintah pencatatan dalam buku besar, baik debet ataupun kredit yang disesuaikan dengan hasil dari analisis di dalam jurnal. Sedangkan fungsi informatif bermaksud bahwa jurnal umum dapat memberikan keterangan secara jelas terkait seluruh kegiatan transaksi keuangan di dalam perusahaan. Jadi demikianlah ulasan tentang pengertian jurnal umum beserta tujuan dan fungsi-fungsinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian, Tujuan Dan Fungsi Jurnal Umum | Admin | 4.5
%d bloggers like this: