Pengertian Jaringan (Network) Dan Jenis-jenisnya

Pengertian jaringan adalah sebuah sistem operasi yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan yang sama. Pengertian lain dari suatu jaringan juga berhubungan langsung dengan penyampaian pesan yang bisa dilakukan melalui beberapa titik-titik atau nodes yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel. Jaringan ini biasa digunakan oleh komputer maupun telepon untuk menyampaikan pesan melalui beberapa sistem yang ada pada komputer atau telepon itu sendiri.

Jenis-jenis jaringan

Definisi jaringan ini bisa berupa beberapa hal dalam pengertiannya misal saja jaringan komputer, jaringan sel dalam tubuh dan masih banyak lainnya.

Namun tujuan utama dari jaringan adalah untuk menghubungkan antara jaringan satu dengan jaringan lain sehingga menghasilkan pesan baik melalui suara, tulisan dan gerakan apabila dalam tubuh. Semua jaringan tersebut biasanya terhubung melalui beberapa jaringan lain yang ada baik dalam komputer, telepon maupun pada sel jaringan tubuh.

Jenis jaringan komputer terdiri dari beberapa jaringan yaitu PAN, LAN, MAN, dan WAN. Semua jaringan tersebut biasanya dihubungkan oleh lebih dari 1 sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, jenis jaringan ini mencakup beberapa jaringan yang sangat luas bahkan bisa menghubungkan sistem yang ada di seluruh dunia. Pengertian jaringan ini memberikan informasi tersendiri untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah dari sistem satu ke sistem lainnya secara luas.

Nah itulah beberapa pengertian jaringan dan juga jenis-jenis jaringan. Pada dasarnya jaringan ini menyampaikan data satu ke yang lainnya dengan cara sistem yang dirancang dari komputer atau yang lainnya. Cara ini untuk mempermudah manusia dalam mengakses sebuah informasi melalui media baik secara visual, audio dan kombinasi keduanya.

Kombinasi inilah yang menjadikan manusia lebih mudah dalam berkomunikasi satu sama lain yang mana menjadikan kehidupan semakin lebih mudah dalam segala hal. Semoga informasi tentang pengertian dari jaringan ini menambah wawasan kepada Anda sehingga semua hal yang dibutuhkan menjadi sangat bermanfaat untuk Anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Jaringan (Network) Dan Jenis-jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: