Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Pada dasarnya, pengertian jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer yang saling terhubung antara perangkat satu dengan perangkat lainnya dalam sebuah sistem. Komputer-komputer tersebut sengaja saling dihubungkan agar untuk mencapai sebuah tujuan yang sama. Selain itu, dengan terhubungnya sebuah komputer kedalam satu sistem kendali yang sama, maka akan memudahkan untuk memberi perintah atau komando agar tujuan yang diinginkan mudah tercapai.

Keuntungan Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah server yang sama. Dengan dihubungkannya komputer tersebut kedalam sebuah server atau penerima yang sama, maka akan memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya. Adapun keuntungan jaringan komputer adalah dapat menggunakan sebuah sumberdaya secara bersamaan, sehingga sebuah jarak tidak menjadi kendala untuk saling berhubungan dan bagi seorang administrator juga mudah untuk mengorganisir berbagai macam data perusahaan.

Selain hal tersebut, masih ada lagi manfaat jaringan komputer.     Salah satunya adalah menghemat uang atau biaya. Semua orang telah mengetahui bahwa jaringan komputer adalah untuk menyatukan berbagai macam komputer kedalam sebuah server yang sama. Oleh karena bersatunya berbagai perangkat komputer tersebut, maka akan menghemat biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk membiayai sebuah peralatan yang digunakan.

Kelemahan Jaringan Komputer

Sebuah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan mempunyai dua sisi, dimana yang satu sisi memberi untung, tetapi disisi lain memberikan kerugian. Kerugian yang pertama dalam penggunaan sebuah jaringan komputer adalah adanya hacking dan virus. Hacking merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk membobol data yang ada dalam sebuah jaringan komputer, sedangkan virus merupakan sebuah hal yang menyebabkan sebuah jaringan komputer tidak bisa berjalan secara normal. Kedua hal ini sangat di takuti oleh para pemilik jaringan komputer.

Selain adanya hacking dan virus, dalam jaringan komputer untuk perusahaan juga memiliki kerugian lain. Kerugian jaringan komputer tersebut timbul dari masalah pembiayaan yang tinggi. Pembiayaan yang tinggi dari sebuah jaringan komputer di perusahaan antara lain pada pembelian hardware dan software, pembangunan jaringan, Konsultasi jaringan dan lain sebagainya. Tetapi jenis pembiayaan ini hanya akan dikeluarkan saat awal pembangunan jaringan komputer.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya Bagi Perusahaan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: