Pengertian IPS, Ruang Lingkup dan Tujuan Mempelajarinya

Pengertian IPS (ilmu pengetahuan sosial) adalah suatu pembelajaran tentang konsep sosial. Yang berhubungan dengan geografi, sejarah, antropologi, sosiologi dan ekonomi. Di sekolah memang ada jenis pembelajaran ilmu pengetahuan yaitu IPA (ilmu pengetahuan alam) dan IPS (ilmu pengetahuan sosial). Jadi untuk IPS memang mempelajari tentang hubungan manusia dengan sosial. Dari ekonomi mengenai bisnis, sejarah terbentuknya masyarakat, kewilayahan, dan lainnya. Setiap ahli memiliki pengertian yang berbeda-beda dari ilmu pengetahuan sosial itu sendiri.

Tujuan Belajar IPS

Lalu apa tujuan dari mempelajari IPS di sekolah. Tentunya sangat banyak sekali. IPS termasuk pembelajaran wajib yang harus diajarkan di sekolah. Mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah. Tujuan utamanya tentu untuk mengembangkan potensi dari siswa untuk melihat masalah sosial dan lingkungan masyarakat, siswa juga menjadi lebih peka terhadap nilai sosial kemanusiaan yang ada di lingkungan, Hal ini bisa dijadikan dasar dalam bermasyarakat. Siswa pun semakin peka dengan apa yang terjadi di lingkungannya,

Ruang Lingkup IPS

Setelah memahami tentang pengertian ips, kita sedikit membahas tentang apa saja ruang lingkup ilmu pengetahuan sosial (IPS). Ruang lingkupnya terdiri dari manusia tempat lingkungan, waktu keberlanjutan, dan perubahan. Lalu ada ruang lingkup sistem sosial dan budaya serta ruang lingkup ekonomi dan kesejahteraan. Ilmu pengetahuan sosial ini dibagi menjadi banyak cabang ilmu. Ada cabang antropologi yang membahas tentang budaya, ekonomi mempelajari tentang produksi, keuangan di masyarakat. Geografi membahas tentang lokasi, wilayah dan semua hal mengenai bumi.

Ada hukum yang mempelajari tentang sistem aturan disebuah lembaga, linguistik yang mempelajari tentang aspek sosial dan kognitif dari bahasa. Pendidikan yang mempelajari tentang belajar mengejar, politik mengenai pemerintahan, psikologi mengenai tingkah laku, sejarah mengenai semua hal di masa lalu yang berhubungan dengan pertumbuhan manusia, sosiologi yang mempelajari tentang hubungan antar manusia dan masih banyak lainnya.

Dengan memahami semua cabang ilmunya, anda lebih paham tentang pengertian ips. Sehingga anda bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian IPS, Ruang Lingkup dan Tujuan Mempelajarinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: