Pengertian Ion, Jenisnya Dan Peristiwa Ionisasi

Atom, molekul, dan ion. Istilah-istilah ini sering kali kita dengar, khususnya di pelajaran kimia. Saking seringnya kita dengar, terkadang kita merasa tidak perlu untuk mengerti tentang pembahasan tersebut dan menganggap itu sebagai hal yang sepele. Namun, apa Anda tau pengertian ion? Dalam artikel kali ini, kami akan membahas pengertian ion, beserta dengan jenis-jenis ion. Agar Anda lebih paham, mengerti dan bisa mengingat pelajaran kimia saat di sekolah dulu. Berikut ulasannya.

Pengertian dari ion

Pengertian ion secara umum adalah kumpulan atau gabungan dari beberapa atom yang mempunyai muatan listrik, baik muatan positif maupun muatan negatif. Sekumpulan atom yang memiliki kumpulan muatan positif adalah ion positif atau kation, sedangkan sekumpulan atom yang memiliki kumpulan muatan negative adalah ion negatif atau anion.

Setelah kita mengetahui pengertian ion, sebaiknya kita juga mengetahui sejarah ion. Ion pertama kali disajikan dalam bentuk teori oleh Michael Faraday, pada tahun 1830. Dalam menggambarkan bagian molekul yang mengarah ke arah anode atau katode dalam tabung hampa udara.

Namun, peristiwa ini baru dideskripsikan oleh Svante August Arrhenius untuk disertasi gelar doktornya di University of Uppsala pada tahun 1884. Pada awalnya, teori ini tidak diterima, namun pada tahun 1903, dia justru memenangkan hadiah nobel kimia.

Pengertian ion: peristiwa pada ion

Setelah mengerti dan mengetahui pengertian ion, kita juga perlu mengetahui beragam peristiwa yang terjadi pada ion. Proses pembentukan ion, disebut ionisasi dan hasilnya berupa ion. Ionisasi ini hanya terjadi pada atom-atom yang jumlah electron di kulit luarnya tidak sama dengan 8, 18 atau 32. Sedangkan atom-atom yang sesuai dengan bilangan tersebut sulit terurai atau bisa disebut juga gas mulia.

Jumlah electron yang masuk atau terlepas sesuai dengan jumlah electron pada kulit terluar. Dengan ketentuan:

  1. Jika jumlah electron kurang dari 4, maka atom cenderung melepaskan electron.
  2. Jika jumlah electron terluar antara 4 sampai 8, maka atom cenderung menerima electron.
  3. Jika jumlah electron terluar sama dengan 4, maka atom dapat melepas atau menerima. Tergantung dengan unsur apa atom berinteraksi.
  4. Jika jumlah electron terluar sama dengan 8, maka atom itu sulit untuk melepas atau menerima electron.

Itulah pengertian ion, jenis ion dan peristiwa ionisasi. Anda jadi lebih mengerti kan?

Cari Artikel di Sini


Pengertian Ion, Jenisnya Dan Peristiwa Ionisasi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: