Pengertian Investasi, Beserta Tujuan, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Dalam dunia modern saat ini, selain menabungkan uang di bank, masyarakat juga seringkali berinvestasi. Tidak hanya uang yang mereka investasikan, namun juga emas dan property. Beberapa orang mungkin belum mengerti pengertian investasi, fungsi investasi, tujuan dan jenis-jenis investasi tersebut. Oleh karena itu, simak ulasannya yang ada di bawah ini.

Pengertian investasi

Secara etimologi, investasi berasal dari kata invest yang artinya menanam uang atau modal. Dengan kata lain, pengertian dari investasi adalah penanaman modal atau penanaman uang dalam proses produksi.

Pengertian investasi menurut ilmu ekonomi adalah pengeluaran penanam modal maupun perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang serta jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Sedangkan pengertian investasi menurut ahli ekonomi Indonesia (Salim HS dan Budi Sutrisno) adalah penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik investor asing maupun domestik dalam berbagai bidang usaha yang terbuka untuk investasi, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Pengertian investasi: fungsi, tujuan dan jenis-jenis investasi

Setelah mengetahui pengertian investasi, ada baiknya kita juga mengetahui fungsi, tujuan dan jenis investasi. Fungsi dari investasi adalah untuk membeli barang modal dan berbagai peralatan produksi yang memiliki tujuan untuk mengganti atau menambah suatu barang-barang modal dalam suatu kegiatan perekonomian yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa.

Tujuan dari investasi ini adalah untuk mendapatkan sebuah pendapatan tetap, menjamin tersedianya bahan baku, menjaga hubungan antar perusahaan, untuk mendapatkan pasar dari produk yang dihasilkan, dan lain-lain.

Jenis-jenis investasi ini ada 4, yaitu:

Jenis Investasi Berdasarkan asetnya:

  1. Real asset, investasi yang berwujud, seperti property.
  2. Financial assest, merupakan dokumen klaim tidak langsung dari pemegangnya terhadap sebuah aktivitas riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersebut.

Jenis Investasi Berdasarkan pengaruhnya:

  1. Investasi autonomus, investasi yang tidak dipengaruhi tingkat pendapatan.
  2. Investasi included, investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintaan barang atau jasa.

Jenis Investasi Berdasarkan sumber pembiayaannya:

  1. Bersumber dari modal asing.
  2. Bersumber dari modal dalam negri.

Jenis Investasi Berdasarkan bentuknya:

  1. Investasi portopolio, dilakukan melalui pasar modal dengan instrument surat berharga.
  2. Investasi langsung, dilakukan dengan membangun, membeli atau mengakuisisi sebuah perusahaan.

Itulah pengertian investasi beserta fungsi, tujuan dan jenis-jenis investasinya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Investasi, Beserta Tujuan, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: