Pengertian Intervensi Dalam Ilmu Politik

Berikut adalah pengertian intervensi yang memiliki arti sebagai ikut campur dari suatu negara terhadap urusan dari negara lain yang sudah jelas bukan urusannya. Campur tangan berlebih pada bidang politik, social, ekonomi dan budaya sehingga menyebabkan suatu hal yang tidak baik juga bisa disebut sebagai intervensi.

Kehidupan bernegara tidak pernah bisa lepas dengan yang namanya politik. Politik menjadi suatu bagian yang sangat penting untuk menjalankan suatu negara. Ketika kita mempelajari mengenai politik, akan ada banyak istilah yang muncul. Salah satu istilah dalam bidang politik yang sering muncul adalah intervensi. Banyak yang belum tahu mengenai arti intervensi.

Contoh dari tindakan intervensi

Anda yang sudah mengetahui pengertian dari intervensi, selanjutnya bisa mengetahui contoh dari tindakan yang masuk dalam kategori tindakan intervensi. Contoh tindakan intervensi yang pertama adalah ikut campur suatu negara dalam suatu pertikaian dari dua negara, melakukan embargo pada suatu negara yang sedang dimusuhi, melakukan blockade pada negara yang sedang perang, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Ada beberapa contoh negara yang sering melakukan intervensi seperti amerika serikat, inggris, belanda dan juga perancis.

Efek buruk yang disebabkan oleh intervensi

Intervensi yang dilakukan oleh suatu pihak bisa menyebabkan hal hal yang kurang baik. Ikut campur dalam urusan orang lain yang jelas jelas sedang bertikai jika niatnya bukan untuk mendamaikan maka bisa disebut sebagai intervensi.

Ikut campur yang berlebihan justru bisa memperkeruh suatu keadaan yang sedang tidak baik. Oleh karena itu,intervensi sebenarnya tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh suatu negara. Namun ternyata ada negara yang senang melakukan intervensi. Tentu ada niat tersembunyi dibalik semua itu. Pengertian intervensi ini bisa membuka wawasan warga negara agar bisa lebih berhati hati jika ternyata ada yang melakukan intervensi.

Negara yang mendapatkan intervensi dari suatu negara karena ada kepentingan tertentu dibalik intervensi maka bisa sangat membahayakan keutuhan negara. Setiap warga negara harus bisa untuk menjaga keutuhan negara dan mempertahankan kesatuan negara agar tidak mudah di serang dengan intervensi. Pengertian intervensi memang sangat baik untuk diketahui karena dengan mengetahuinya, masyarakat bisa lebih paham bahaya dari intervensi dan maksud dari intervensi itu sendiri.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: