Pengertian Infrastruktur Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian infrastruktur ialah berbagai macam jenis fasilitas untuk menunjang kehidupan manusia. Apakah anda pernah mendengar istilah infrastruktur? Yuph, jika anda sering mengikuti berita di televisi, maka saya yakin anda pasti pernah mendengar istilah ini. Istilah ini juga sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari.

Kata ini memang sering muncul jika ada pembicaraan atau anda sedang membahas mengenai berbagai macam fasilitas umum baik milik swasta maupun milik pemerintah, seperti kendaraan umum, bandara, jalan, taman dan masih banyak lagi.

Meskipun banyak orang yang mendengar istilah ini, namun tidak banyak orang yang mengetahui kaitannya dengan pengertian infrastruktur. Apa itu infrastruktur? Apa saja jenis-jenis infrastruktur? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Definisi Infrastruktur

Pengertian infrastruktur merupakan suatu istilah yang sering digunakan untuk memberikan gambaran berbagai jenis fasilitas yang dibuat khusus untuk mendukung segala aktivitas dan kegiatan masyarakat umum dalam kehidupan manusia.

Infrastruktur ini memang dibangun khusus oleh pihak tertentu baik pemerintah maupun swasta dalam rangka memudahkan aktivitas dan kegiatan manusia, seperti pendataan penduduk, transportasi, dan masih banyak aktivitas lainnya.

Sementara itu, infrastruktur publik juga banyak kita temukan di sekitar kita dan biasanya infrastruktur tersebut dibangun oleh pemerintah untuk kemaslahatan bersama. Pembangunan infrastruktur tersebut didanai dengan pajak yang bayarkan oleh warga Negara.

Beberapa contoh infrastruktur public yang bisa anda temui di sekitar anda ialah jalan raya, gedung pemerintahan, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, jika anda membayar pajak secara rutin dan teratur maka pembangunan infrastruktur juga akan berjalan dengan baik.

Jenis infrastuktur

Selain pengertian infrastruktur, dalam kesempatan ini saya juga akan membahas jenis-jenis infrastruktur yakni infrastruktur keras dan juga infrastruktur non-fisik. Untuk infrastruktur fisik yang bisa anda ketahui contohnya ialah bandara, stasiun, gedung pemerintahan, gedung sekolah dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk jenis non-infrastruktur ialah ketersediaan air, listrik, pasokan energy dan juga yang lain. Itulah semua infrastruktur non fisik yang bisa anda ketahui.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Infrastruktur Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: