Pengertian Informasi, Ciri dan Kualitasnya

Pengertian informasi adalah pesan yang berupa tulisan maupun ekspresi yang terdiri dari order sekuens dari simbol ataupun makna yang ditafsirkan melalui pesan ataupun kumpulan pesan yang disampaikan. Informasi ini bisa menjadi salah satu tanda-tanda ataupun sinyal berdasarkan gelombang. Informasi ini memiliki beberapa tujuan dalam penyampaiannya misal saja memberikan pesan kepada orang lain atas maksud dan tujuan dari pesan tersebut.

Ciri-ciri informasi

Setiap informasi memiliki ciri-cirinya masing-masing. Ciri informasi tersebut bisa salah atau benar, informasi baru, informasi tambahan, informasi korektif, dan informasi penegas. Kelima ciri tersebut yang berhubungan dengan definisi informasi ini bisa menunjukkan tujuan dari informasi yang disampaikan sehingga bisa dipahami dengan tepat. Misal saja informasi benar atau salah adalah pesan ini disampaikan berdasarkan kebenaran ataupun kesalahan terhadap kenyataan. Dan juga informasi korektif bisa digunakan untuk melakukan koreksi terhadap informasi yang sebelumnya dirasa salah atau kurang tepat.

Kualitas dari pengertian informasi

Tidak hanya ciri saja yang menjadi salah satu bahan pertimbangan dari penggunaan informasi melainkan juga kualitas dari informasi itu sendiri. Menurut Agus Mulyanto, kualitas informasi dapat dinilai dari tiga hal yang sangat domain yaitu keakuratan, ketepatan waktunya, dan relevan. Ketiga kualitas tersebut menjadi pertimbangan apakah informasi tersebut bisa diterima dengan baik atau tidak. Semua informasi tidak bisa diterima begitu saja karena tidak semua orang setuju dengan semua informasi yang mereka dapatkan. Sehingga banyak sekali perbaikan tentang pengertian informasi itu sendiri.

Itulah beberapa hal yang perlu dimengerti tentang penjelasan informasi itu sendiri. Setiap pesan yang disampaikan oleh seseorang melalui teks maupun ekspresi memiliki tujuannya masing-masing. Hal tersebut bisa diterima apabila informasi yang diberikan sesuai dengan tujuan dari penerima. Misal saja informasi tentang korupsi yang sering diberitakan di media. Semua informasi tersebut bisa menjadi benar ataupun salah karena informasi yang diberikan banyak yang masih belum terbukti dan masih dalam penyelidikan tertentu. Itulah pengertian informasi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Informasi, Ciri dan Kualitasnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: