Pengertian Indeks Dan Fungsinya

Pengertian Indeks adalah istilah atau daftar kata yang penting dalam suatu buku yang tersusun berdasarkan abjad dimana istilah atau kata ini memiliki informasi mengenai halaman itu ditemukan. Atau dengan kata lain, indeks adalah suatu daftar kata atau bisa berupa frase dimana kata tersebut terkait dengan petunjuk pada bahan yang ditemukan didalam dokumen.

Indeks berasal dari kata latin yang berarti menunjukkan tempat (indicare). Oleh karena itu, indeks ini memiliki fungsi yang penting dalam suatu buku karena bisa menunjukkan nomor halaman istilah yang kita cari disuatu buku.

Jenis-jenis Indeks pada buku

Indeks juga memiliki beberapa jenis yang perlu kita ketahui dimana jenis ini bisa sangat membantu saat kita sedang mencari kata atau frasa yang sedang kita cari secara tergesa-gesa. Jenis indeks yang pertama adalah Indeks Nama Diri (Pengarang) atau tokoh. Berbeda dengan daftar pustaka, pada indeks, nama orang tidak dibalik namun untuk nama asing biasanya dibalik.

Jenis yang kedua adalah indeks istilah. Pada umumnya, indeks jenis ini dihubungkan dengan isi buku yang bersangkutan. Dengan kata lain, indeks jenis ini akan ada hubungannya dengan jenis buku yang sedang anda baca.

Ciri-ciri indeks

Jenis lain dari indeks berdasarkan Pengertian Indeks adalah Indeks nama tempat dan organisasi. Tidak hanya nama diri ataupun istilah pada buku, jenis indeks juga bisa berupa organisasi. Adanya indeks bertujuan agar pembaca mudah mendapatkan informasi yang sedang dibaca dan memahami informasi yang lebih luas dan rinci saat membaca buku tertentu.

Bagi anda yang masih bingung dengan indeks, indeks memiliki ciri-ciri seperti kata atau istilah yang disusun secara alphabet, biasanya halaman indeks tidak mencantumkan makna kata akan tetapi hanya menunjukkan letak atau halaman istilah yang ada pada buku, Jadi indeks bukanlah kamus kecil yang ada dibagian belakang buku.

Pembagian Jenis Indeks

Pada buku, Pengertian Indeks juga bisa dibedakan menjadi dua yaitu indeks subjek dan indeks pengarang. Indeks subjek bisa dikatakan sama dengan indeks istilah dimana didalamnya hanya mencantumkan istilah-istilah sedangkan indeks pengarang pengertiannya sama dengan indeks nama yang isinya tentang daftar nama pengarang atau tokoh dalam buku.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: