Pengertian Imunisasi, Sasaran, Dan Tujuan

Pengertian imunisasi ialah memberikan kekekalan tubuh, khususnya tubuh bayi terhadap suatu penyakit melalui memberikan sesuatu ke dalam tubuh dengan tujuan agar tubuh kita bisa tahan akan penyakit yang berbahaya dan mewabah kaitannya dengan seseorang.

Sementara itu, imunisasi berasal dari kata imun yang mempunyai arti resisten atau kebal. Dengan demikian, pemberian imunisasi ini hanya akan memberikan kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap jenis penyakit tertentu sehingga orang tersebut bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Namun demikian, tidak semua penyakit juga memerlukan imunisasi untuk memberikan kekebalan pada tubuh, hanya penyakit tertentu saja yang digunakan dalam imunisasi ini.

Sasaran Imunisasi

Pemberian imunisasi ini memang dikhususkan untuk anak-anak saja dalam pembahasan pengertian imunisasi. Hal tersebut disebabkan karena kekebalan tubuh yang ada dalam tubuh anak tersebut masih belum berfungsi baik layaknya orang dewasa. Hal tersebut akan memungkinkan tubuh anak rentan terkena serangan penyakit baik penyakit yang berbahaya maupun penyakit yang umum.

Selain itu, imunisasi ini juga tidak hanya cukup dilakukan sekali saja, namun perlu pengulangan. Hal tersebut agar kekebalan tubuh anak semakin terjaga. Selain itu, imunisasi ini juga dilakukan secara bertahap dan berurutan supaya memberikan perlindungan ke anak juga dalam bertahap.

Tujuan Imunisasi

Tujuan imunisasi ialah memberikan imun atau kekebalan dalam tubuh yang dimaksudkan untuk mengurangi penderita suatu penyakit yang bisa rentan terkena kepada bayi dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada bayi tersebut.

Beberapa penyakit yang bisa dihindari dengan pemberian imunisasi pada anak ialah tbc, cacar air, gondongan, batuk rejan, tetanus, difteri, polio, campak, hepatitis B, dan yang lainnya.

Jenis-Jenis Imunisasi

Untuk jenis imunisasi sendiri, imunisasi bisa dibedakan menjadi dua yakni imunisasi pasif dan juga imunisasi aktif. Imunisasi pasif merupakan imunisasi yang berasal dari ibu untuk menangkal suatu penyakit. Dengan demikian, kekebalan ini merupakan kekebalan bawaan dari ibu.

Sementara itu, imunisasi aktif ialah dimana kekebalan ini berasal dari pemberian bibit ke dalam tubuh bayi yang akan digunakan untuk membentuk antibody terhadap suatu penyakit. Itulah sedikit mengenai pengertian imunisasi.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: