Pengertian Ilustrasi, Fungsi Dan Macam-Macam Ilustrasi

Pengertian ilustrasi bisa dijabarkan sebagai hasil visualisasi suatu tulisan yang menggunakan teknik lukisan, drawing, fotografi ataupun teknik-teknik seni rupa yang lainnya dengan lebih menekankan antara hubungan subjek dan tulisan daripada bentuknya.

Tujuan ilustrasi sendiri adalah untuk lebih menjelaskan atau juga untuk menghiasi sebuah cerita, puisi, tulisan, ataupun informasi-informasi tertulis lainnya. Jadi, adanya ilustrasi yang berupa visual ini diharapkan dapat membantu tulisan menjadi lebih mudah dipahami dan dicerna.

Fungsi Ilustrasi

Selain sebagai penjelas atau hiasan suatu tulisan, ilustrasi juga memiliki beberapa fungsi khusus yang diantaranya adalah memberikan bayangan pada setiap karakter yang ada di dalam cerita, memberikan bayangan berupa bentuk dari peralatan yang digunakan dalam sebuah tulisan ilmiah, mengkomunikasikan cerita, memberikan bayangan pada langkah kerja, memberikan kesan humor tertentu pada sebuah cerita atau tulisan agar tidak membosankan, menghubungkan antara tulisan dengan kreativitas dan juga individualitas manusia serta untuk menerangkan konsep dari tulisan yang ingin disampaikan.

Macam-Macam Ilustrasi

Pengertian ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan. Nah visualisasi ini ada banyak sekali macamnya, diantaranya adalah gambar realis yaitu gambar yang menampilkan objek dari suatu karya seperti dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian ada juga karikatur yang cenderung melebihkan dan bahkan hingga mengubah bentuk.

Lalu ada kartun yang merupakan gambar untuk menghibur, animasi dari rangkaian gambar beberapa keyframe, foto yang menggambarkan sesuatu seperti kenyataannya dan tabel yang menyajikan suatu kegiatan atau data.

Selain itu, ada juga macam-macam ilustrasi yang berupa pie chart yang merupakan gambaran sesuatu dengan bentuk kepingan atau lingkaran, organization chart yaitu penyajian data berupa sebuah struktur organisasi menurut tingkatan atau hierarki. Dan terakhir ada Bar chart, Graph chart dan Combination chart.

Pengertian ilustrasi yang berupa Bar chart merupakan visualisasi yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan data menurut pengamatan waktu, sedangkan Graph chart digunakan dalam penyajian data kuantitatif yang menggunakan system koordinat. Sementara Combination chart adalah kombinasi dari Bar dan juga Graph chart. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Ilustrasi, Fungsi Dan Macam-Macam Ilustrasi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: