Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang membahas tentang kehidupan manusia dalam melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Aspek-aspek yang dibahas dalam ilmu ekonomi mencakup sistem produksi, sistem penyaluran atau distribusi, beserta pemakaiannya atau cara mengonsumsinya baik itu barang maupun jasa.

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos dan Nomos. Oikos berarti keluarga atau rumah tangga, sedangkan Nomos berarti aturan atau peraturan. Sehingga secara terminologi, ekonomi berarti manajemen aturan rumah tangga. Pada perkembangannya, ilmu ekonomi meliputi beberapa macam ilmu sosial lainnya yaitu geografi, sosiologi, antropologi, dan juga sejarah yang saling berhubungan dan menimbulkan sebab akibat.

ILMU EKONOMI MENURUT SUHERMAN ROSYDI

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu serta studi pengetahuan yang berupaya untuk memberi seluruh pengetahuan dan pengertian mengenai gejala-gejala yang terdapat di masyarakat yang timbul disebabkan oleh perbuatan dari setiap manusia dalam usahanya guna memenuhi kebutuhan atau cara dalam mencapai kemakmuran hidupnya.

ILMU EKONOMI MENURUT R.G. LIPSEY

Ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan mengenai pemanfaatan sumber daya terbatas yang langka guna memenuhi seluruh kebutuhan manusia yang tidak pernah terbatas.

ILMU EKONOMI MENURUT ABRAHAM MASLOW

Ilmu ekonomi merupakan salah satu bidang pengkajian dimana ilmu ini mencoba menyelesaikan masalah-masalah atas keperluan manusia melewati berbagai sumber ekonomi yang telah ada berdasar teori serta prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien.

ILMU EKONOMI MENURUT A.C. PIGOU

Ilmu ekonomi merupakan salah satu dari ilmu kajian yang digunakan untuk menambah jumlah dari pengeluaran guna taraf hidup manusia akan terus meningkat dalam kehidupannya.

ILMU EKONOMI MENURUT ADAM SMITH

Ilmu ekonomi adalah ilmu sistematis yang mempelajari seluk-beluk tingkah laku manusia dalam usahanya mengalokasikan sumber daya yang terbatas atau tak terbatas guna mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam hidupnya.

ILMU EKONOMI MENURUT ALFRED W

Ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu yang dibagi menjadi 3 golongan, yaitu ilmu mengenai teori ekonomi, ilmu mengenai ekonomi terapan, dan ilmu mengenai ekonomi deskriptif.

ILMU EKONOMI MENURUT ARISTOTELES

Ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu kajian yang dapat digunakan dengan cara 2 jalan, yaitu memakai segala hal yang mendekati kemungkinannya untuk dipakai serta berdasarkan kemungkinan yang dapat digunakan untuk ditukarkan kembali dengan barang lainnya.

ILMU EKONOMI MENURUT ENSIKLOPEDIA INDONESIA

Ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai berbagai macam usaha manusia guna mencapai kemakmuran dan juga merupakan suatu gejala-gejala yang dapat menimbulkan keterkaitan tertentu dalam hubungan usaha tersebut.

Demikianlah pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang dapat kami berikan. Semoga ulasan dalam artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: