Pengertian Ideologi, Jenis dan Fungsinya

Pengertian ideology merupakan suatu konsep yang menarik untuk dibahas. Ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea merupakan gagasan, konsep, cita-cita, dan pengertian dasar sedangkan logos merupakan ilmu. Idea ini memiliki akar kata dari Yunani yaitu Ideos yang berarti bentuk atau Idein yang berarti melihat.

Dengan kata lain, ideology memiliki pengertian ajaran atau ilmu tentang pengertian dasar. Sedangkan secara terminology atau istilah, pengertian ideology adalah prinsip atau norma yang ada pada suatu masyarakat dan meliputi beberapa aspek termasuk sosial politik, ekonomi, budaya, dan hukum.

Jenis-Jenis Ideologi

Pada dasarnya, jenis ideology memiliki berbagai macam yang perlu kita ketahui. Berikut ini ada beberapa macam ideology yang ada pada masyarakat atau Negara. Jenis yang pertama adalah Liberalisme. Jenis ini sangat banyak dipegang oleh masyarakat dunia dimana paham ini memiliki pandangan filsafat dan tradisi politik bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.

Berdasarkan Pengertian ideology, ada jenis lain dari jenisnya seperti paham komunisme yang memiliki akar pada pemikiran Karl Marx. Selain itu juga ada paham Konservatisme dimana paham ini mempertahankan status quo dan mencoba untuk menghindarkan perubahan-perubahan prinsip dalam suatu tatanan suatu masyarakat yang telah ada.

Fungsi Ideologi

Fungsi Ideologi ini sangat penting karena ideology memiliki fungsi untuk melengkapi struktur kognitif manusia. Selain itu, ideology juga memiliki fungsi suatu panduan masyarakat untuk melakukan sesuatu. Dalam dunia politik, ideology juga memiliki fungsi untuk menjadi kekuatan pengendali saat terjadi konflik politik.

Dampak Ideologi pada masyarakat

Berdasarkan Pengertian ideology diatas, ideology juga bisa membantu masyarakat untuk memiliki keyakinan dan kepercayaan untuk melakukan sesuatu karena mereka memiliki dasar. Selain itu, ideology juga memiliki manfaat untuk mengatur hubungan suatu masyarakat satu dengan yang lainnya dengan sangat baik.

Ideologi juga mampu membantu masyarakat untuk melibatkan diri dalam berbagai sektor kehidupan disuatu masyarakat. Walaupun begitu, ideology juga bisa menyebabkan suatu pertempuran yang sudah banyak sekali contohnya. Seperti terjadinya pertentangan antara ideology marxisme dengan kapitalisme yang sampai sekarang masih saling menyerang satu sama lainnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: