Pengertian Husnuzan Prasangka Baik Manusia

Pengertian husnuzan atau husnudzan adalah berasal dari bahasa arab dari kata husnun yang berarti baik dan adzzhonmu berarti prasangka. Kalau digabungkan menjadi prasangka baik dan untuk kebalikannya adalah su’udzan yaitu prasangka buruk. Namun, ketika Anda lebih sering mendengarkan husnuzab maka ini merupakan setiap pikiran, prasangka, anggapan yang baik yang Anda lakukan terhadap orang lain.

Begitu Anda selalu membiasakan diri dalam melakukan perbuatan baik maka Anda termasuk husnuzan. Karena berprasangka baik merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Sebagai salah satu isilah pada kehidupan kaum muslim maka Anda harus bisa menerapkan dengan baik. Hal ini bisa kepada siapapun dan tidak pernah membeda-bedakan mana yang muslim dan tidak, sebab tidak akan pernah ada salahnya untuk orang selalu berbuat baik kepada orang lain. Ketika Anda berhasil menerapkan pada kehidupanmu. Maka niscaya allah akan memberikan kemudahan pada setiap jalanmu, keharmonisan, saling rukun dan lain sebagainya. Dalam hatimu tidak ada lagi prasangka-prasangka buruk atau su’udzan sehingga hilang pada diri.

Manfaat husnuzan

Anda merupakan salah satu hamba yang akan sangat disayang oleh Allah SWT, hidupmu akan selalu mendapatkan ketenangan, membentuk pribadi yang selalu optimis, selalu bersyukur, menjadi diri yang tangguh, dan tidak pernah mudah putus asa, Anda akan terjauh dari hal-hal yang munkar, Anda jelas mendapatkan imbalan lebih dari Allah sebab sudah melakukan hal baik kepada orang lain.

Hukum husnuzan

Hukum yang ada dalam husnuzan ini adalah mubah sehingga ketika Anda melakukannya ataupun tidak, maka tidak akan pernah mendapatkan apa-apa. Sebab hal ini tidak dianjurkan dan sebagainya. Namun, kalau Anda menjumpai orang-orang yang berhusnuzan berarti mereka adalah sebuah golongan yang sangat baik. Mereka termasuk orang-orang baik, dan Anda akan menganggap bahwa orang itu baik. Kemudian, kalau Anda su’uzan berprasangka buruk maka akan lebih memikirkan bahwa yang Anda lakukan adalah salah. Bahkan orang lain pun mengartikan bahwa Anda bukan orang baik dan bersalah. Hal ini tentu sangat dilarang oleh agama. Dalam berbuat baik husnuzan Anda akan mendapatkan dampak positifnya dan kalau kebiasaanmu adalah berprasangka buruk (su’uzan) maka akan membawa dampak negatif baik dari diri sendiri dan orang lain yang menilai.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Husnuzan Prasangka Baik Manusia | Admin | 4.5
%d bloggers like this: