Pengertian Hukum Dan Jenisnya

Pengertian hukum adalah sebuah sistem yang dibuat oleh manusia dan berfungsi untuk membatasi perilaku manusia supaya lebih terkontrol. Dalam sebuah kelembagaan atau kehidupan sehari-hari. Hukum menjadi sebuah hal yang sangat penting. Mengatur semua perilaku manusia. Setiap manusia memiliki hak yang sama didepan hukum. Semua hukum berlaku secara tertulis dan ada yang tidak tertulis. Jika melanggar hukum, ada sanksi untuk pelanggar hukum.

Jenis-Jenis Hukum

Hukum dibagi menjadi dua bagian yaitu hukum privat dan hukum publik. Hukum publik biasa disebut dengan hukum pidana. Jenis hukum ini digunakan untuk mengatur sebuah hubungan antara satu individu dengan masyarakat. Dalam sebuah negara, hukum publik diatur sendiri oleh negara tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan hukum perdata. Hukum perdata digunakan untuk mengatur hubungan antara orang yang bersalah dalam hukum dengan petugas pemerintah yang menjalankan tugas di bidang hukum. Dari pengertian hukum ini, anda bisa tahu apa perbedaannya dari keduanya.

Pembagian Hukum

Berikut ini Jenis hukum juga dibagi atas beberapa bagiannya:

  1. Hukum berdasarkan sumber contohnya ada hukum undang-undang, hukum adat, hukum doktrin dan hukum jurisprudensi
  2. Hukum berdasarkan bentuk contohnya hukum tertulis dan tidak tertulis.
  3. Hukum berdasarkan tempat berlaku, contohnya hukum nasional dan hukum internasional
  4. Hukum berdasarkan waktu berlakunya, contoh hukum ius constritutum, ius constituendum dan hukum asasi (hukum alam).
  5. Hukum berdasarkan sifat, contoh hukum memaksa dan hukum yang mengatur
  6. Hukum berdasarkan wujudnya, contoh hukum objektif dan hukum subyektif.

Ada masih banyak sekali jenis hukum didalam kehidupan kita sehari-hari. Hukum digunakan untuk mengatur kehidupan supaya lebih teratur. Tanpa adanya hukum, sebuah kehidupan bermasyarakat tidak bisa berjalan dengan baik. Sebagai warga negara yang baik kita wajib untuk mematuhi hukum yang berlaku di sebuah negara.

Penegakan hukum dan taat kepada hukum. Itulah sedikit informasi tentang pengertian hukum. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: