Pengertian Hukum Internasional Yang Harus Di Pahami Masyarakat

Pengertian hukum internasional yakni suatu bagian hukum yang mengatur aktivitas yang berskala internasional. Pada mulanya pengertian hukum internasional hanyalah diartikan sebagai perilaku dalam hubungan internasional saja. Namun karena melihat kondisi hubungan internasional yang semakin rumit maka hukum internasional semakin di perbaharui.

Negara Indonesia tidak pernah lepas dengan yang namanya kerja sama internasional. Oleh karena itu setiap warga negaranya perlu untuk mengetahui pengertian dari hukum internasional. Terdapat hukum yang bukan hanya mengatur suatu negara saja namun ada hukum yang mengatur seluruh negara yang ada di dunia.

Dengan adanya hukum internasional, ada banyak hal yang lebih teratur seperti struktur organisasi internasional, hubungan antar negara, dan juga masih banyak lagi yang lainnya. Ada dua jenis hukum internasional, yang pertama adalah hukum internasional publik dan hukum internasional perdata. Anda harus mengetahui mengenai persamaan dan perbedaannya. Pengertian hukum internasional yang telah diketahui akan membuat masyarakat lebih sadar hukum baik di negeri sendiri atau di negara lain.

Hukum internasional publik dan perdata

Hukum internasional publik dan perdata memiliki arti yang berbeda meskipun sama sama merupakan hukum internasional. Hukum perdata berarti keseluruhan asas hukum yang mengatur perdata yang melalui batas negara.

Hukum internasional publik memiliki jangkauan yang lebih luas yaitu yang mengatur hubungan persoalan yang melalui batas negara dan yang tidak bersifat perdata. Persamaan dari kedua jenis hukum internasional ini adalah sama sama mengatur hubungan yang melintasi atas suatu negara. Perbedaannya terletak pada persoalan yang diatur. Pengertian dari suatu hukum internasional adalah dasar yang harus dipahami agar bisa memahami teori selanjutnya.

Bentuk hukum internasional

Hukum internasional memiliki beberapa bentuk yang juga harus diketahui. Bentuk yang pertama adalah hukum internasional region yang hanya berlaku pada daerah yang terbatas. Bentuk yang kedua adalah hukum internasional khusus yakni yang hanya berlaku untuk beberapa negara khusus seperti contoh negara yang ada di eropa. Kedua bentuk dari hukum internasional ini juga harus disadari agar setiap negara bisa saling mengerti dan memahami satu dengan yang lainnya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Hukum Internasional Yang Harus Di Pahami Masyarakat | Admin | 4.5
%d bloggers like this: