Pengertian HUB, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian hub adalah sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 1, physical layer. Mempelajari komputer memang akan banyak istilah yang akan ditemukan, jadi bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia IT harus mengetahui istilah istilah yang ada di komputer agar bisa lebih mengerti detail dari apa yang ada di komputer. Salah satu istilah yang sering ditemukan ketika belajar komputerisasi adalah istilah hub ini.

Fungsi dari HUB dalam ilmu komputer

Setelah mengetahui pengertian hub, selanjutnya anda harus mengetahui fungsi dari hub. Hub sebenarnya hanya bekerja sebagai penyambung dan juga penguat sinyal pada kabel unshielded twisted-pair (utp). Hub yang bekerja terbatas tidak bisa mengenali \ mac addressing atau juga physical addressing. Hal ini membuat hub tidak bisa memilah data yang bisa atau harus ditransmisikan. Keadaan ini juga membuat collision tidak bisa dihindari dari penggunaan hub.

Fungsi HUB

Anda yang ingin menggunakan hub sebaiknya mengetahui Pengertian dan fungsi hub. Fungsi yang pertama adalah untuk memfasilitasikan penambahan penghilangan ataupun penambahan workstation. Fungsi yang kedua adalah untuk menambah jarak network dan juga sebagai repeater).

Fungsi selanjutnya menyediakan fleksibilitas dengan cara mensupport interface yang berbeda seperti Ethernet, Toket Ring atau FDDI, fungsi lainnya adalah menawarkan feature fault tolerance, memberikan management koleksi informasi, diagnostic atau yang tersentralisasi. Pengertian hub adalah dasar untuk bisa mengetahui fungsinya.

Kelemahan atau kekurangan dari HUB

Begitu anda sudah memahami pengertian hub, anda juga perlu tahu tentang kekurangan dan juga kelemahan dari hub. Berikut adalah kelemahan yang ada pada hub seperti hanya tergolong sebagai peralatan layer 1 dalam osi model (physical layer), belum bisa membaca paket-paket data, belum bisa mengetahui mengetahui sumber dan tujuan data, fungsinya hanya untuk menerima dan meneruskan data yang masuk ke semua alat di jaringan.

Belajar ilmu komputer memang terkadang terasa cukup sulit jika ilmu dasarnya saja belum anda ketahui. Belajar segala sesuatu tentu dimulai dari yang paling dasar untuk bisa melanjutkan pada tahap yang selanjutnya. Jika masih ada banyak kebingungan, anda harus mencari tahu lebih banyak informasi dari banyak referensi yang bisa anda temukan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: