Pengertian HTTP Dan Fungsinya

Pengertian http atau hypertext transfer protocol adalah suatu hal yang digunakan untuk mengakses client dan server di jaringan komputer. Http ini akan berhubungan dengan internet. Dalam mengakses internet membutuhkan sebuah protokol yang akan mentransfer halaman world wide web. Mentransfer antara client ke server. Ketika anda membuat sebuah website, pasti akan ada http didepannya. Dengan memakai http ini, anda bisa mengidentifikasi halaman situs dengan mudah dan bisa langsung menerima permintaan dari web browser.

Fungsi HTTP

Dari penjelasan diatas, anda akan lebih memahami fungsi dari http itu sendir. Fungsinya untuk memformat kemudian mentransferkan data dari satu server ke web browser, sehingga semua data yang diinginkan oleh client bisa langsung di akses atau ditampilkan. Tanpa adanya http ini, data yang kita minta akan sulit di transfer dan ditampilkan dalam sebuah web browser.

Cara Kerja HTTP

Kita lihat pengertian http, supaya bisa menjelaskan tentang cara kerja http lebih lengkap. Server akan menunggu permintaan web browser. Nantinya web server akan mulai siap di port 80. Web browser langsung mengirimkan permintaannya ke client, web server akan langsung mencari situs atau data yang diminta oleh client atau web browser.

Jika sudah direspon baru data tersebut akan muncul di halaman web browser. Protokol lain yang sering digunakan selain http, ada FTP, SMTP, POP3, imap dan masih banyak lainnya. Tanpa adanya protokol ini, tentunya anda akan sulit mengakses sebuah situs dan mencari data yang anda inginkan.

Client merupakan orang yang memakai internet, sedangkan server berarti yang menanggapi atau menyimpan daya, baru nanti akan ditampilkan dalam bentuk www. Perlu ada pahami http sedikit berbeda dengan https. Http adalah hypertext transfer protocol sedangkan https adalah hypertext transfer protocol secure. Http memakai standar port 80 sedangkan https memakai port 443. Sekian artikel tentang pengertian http, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: