Pengertian Harmoni, Harmoni Dalam Musik Beserta Ragam Dan Rangkaiannya

Dari segi bahasa, pengertian harmoni adalah berasal dari bahasa Yunani yaitu harmonia yang memiliki arti terikat secara serasi atau sesuai. Dalam filsafat, harmoni didefinisikan sebagai kerja sama secara sedemikian rupa antara berbagai faktor hingga menghasilkan kesatuan yang luhur. Sementara dalam bidang musik, definisi harmoni sejak abad pertengahan tidak lagi seperti pengertian sebelumnya yaitu menekankan pada urutan nada dan bunyi yang serasi, akan tetapi pada keserasian nada secara bersamaan.

Pengertian Harmoni Dalam Musik

Dalam musik barat, pengertian harmoni dijabarkan sebagai salah satu dari teori musik yang membahas atau mengajarkan tentang cara bagaimana untuk menyusun sebuah rangkaian akord sehingga musik tersebut enak didengar dengan nada yang selaras. Dalam teori musik ini juga dipelajari mengenai bagaimana penggunaan berbagai jenis nada secara bersamaan serta juga akord-akord musik, baik terjadi sesungguhnya ataupun secara tersirat.

Studi ini juga sering merujuk pada studi yang mempelajari tentang progresi harmonis, gerakan nada-nada dari satu nada ke nada lainnya dan juga prinsip-prinsip struktural dalam pengaturan progresi tersebut.

Ragam Harmoni

Ada beberapa ragam harmoni yang di antaranya adalah aliran harmoni. Aliran harmoni ini adalah suatu aliran seni musik yang membahas hubungan antara suatu nada dengan nada lainnya. Sampai pada abad ke 19, kaidah-kaidah menurut Jean Philippe Rameau menjadi sebuah landasan dasar dalam bidang seni musik.

Lalu pada abad ke 20 muncul penggunaan nada baru sehingga tercipta berbagai efek harmoni yang baru. Kemudian ada juga Orkes Harmoni yang merupakan seperangkat orkes dan secara khusus terdiri atas alat musik tiup yang terbuat dari kayu, logam dan juga alat musik pukul.

Rangkaian Harmoni

Pada dasarnya, rangkai harmoni itu terbentuk dari nada-nada dan rangkaian tersebut antara lain adalah nada tambahan yaitu nada lain yang bukan termasuk harmoni namun bisa dipakai secara bersamaan. Kemudian ada kadensa. pengertian harmoni satu ini adalah rangkaian harmoni yang menjadi penutup di akhir melodi atau juga di tengah kalimat sehingga melodi bisa tertutup dengan sempurna. Selain itu, Tierce de Picardie dan modulasi juga termasuk dalam rangkaian harmoni. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Harmoni, Harmoni Dalam Musik Beserta Ragam Dan Rangkaiannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: