Pengertian Harmoni dan Bentuknya dalam Seni Musik

Pengertian harmoni adalah suatu perpaduan dari bentuk apapun yang menghasilkan keselarasan. Namun dalam kehidupan sehari-hari, harmoni lebih dikaitkan erat hubungannya dengan dunia seni musik. Jadi pengertian harmoni dalam teori seni musik adalah paduan suara atau bunyi yang berasal dari dua nada atau lebih sehingga menghasilkan ritme yang selaras ketika dibunyikan secara serentak.

Nada-nada tersebut merupakan nada yang memiliki tingkatan yang berbeda. Ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketika musik yang dibunyikan selaras, maka alunan musik tersebut pun akan terdengar enak dan merdu di telinga. Berbeda ketika bunyi musik terdengar tidak harmoni, maka tentunya justru sangat mengganggu pendengaran.

Bentuk keharmonian dalam seni musik

Pengertian harmoni dalam seni musik merupakan perpaduan bunyi atau suara yang selaras. Yang dimaksud selaras di dalam pengertian harmoni tersebut adalah pertama, harmoni antara vokal dengan alat-alat musik. Hal ini berhubungan antara lagu dengan instrumennya.

Maksudnya ketika alat-alat musik yang dibunyikan tersebut bernada tinggi, maka vokal juga harus menyesuaikannya. Ketika alat musik bernada rendah, vokal juga harus berintonasi rendah juga. Jangan alat musik dibunyikan dengan nada tinggi, vokalnya malah bernada rendah. Tentu hal ini terasa aneh di telinga.

Kedua, harmoni antar sesama alat musik. Maksudnya adalah dalam harmoni seni musik, biasanya terdiri dari beberapa jenis musik yang berbeda. Namun dalam memainkannya semua alat musik tersebut harus sama tinggi rendahnya nada. Jadi ketika dibunyikan semua alat musik harus bernada not yang sama, tidak boleh berbeda.

Cara untuk melatih dan mengasah kemampuan harmoni

Pengertian harmoni dalam seni musik merupakan paduan bunyi yang selaras. Untuk mendapatkan hasil bunyi yang selaras tersebut, seseorang harus melatih dirinya sendiri dalam memadukan suara orang tersebut dengan bunyi instrumen musik. Cara untuk mendapatkan kemampuan harmoni dalam seni musik, di antaranya adalah seseorang tersebut melakukan bernyanyi, sering berlatih memainkan alat musik baik secara kelompok atau sendiri, dan terus berlatih dalam hal penyusunan aransemen dari tingkat yang sederhana sampai yang tinggi. Jika seseorang berhasil memiliki kemampuan harmoni dalam bermain seni musik, maka musik dan lagu akan terdengar sangat nyaman di telinga.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Harmoni dan Bentuknya dalam Seni Musik | Admin | 4.5
%d bloggers like this: