Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Secara Umum dan Macam-Macamnya

HAM atau yang dikenal dengan hak asasi manusia memiliki arti yang sangat penting, bahkan sejak manusia itu masih dalam kandungan dia telah memiliki HAM. Ditinjau dari bahasa hak memiliki arti kekuasaan dalam melakukan sesuatu atau kepunyaan, sedangkan asasi berarti hal utama, dasar.

Secara definisi, pengertian HAM ialah hak hak yang telah dimiliki oleh seseorang sejak masih dalam kandungan. Hak asasi manusia ini dapat berlaku secara universal, serta tertuang dalam Undang Undang negara kita. Mari kita dalami lagi seperti apa HAM.

Ciri-Ciri Khusus HAM

Hak asasi manusia ini memiliki ciri khusus dibandingkan dengan hak hak lainnya. Adapun ciri khusus HAM adalah sebagai berikut.

  1. HAM tidak dapat dicabut, tidak dapat dihilangkan serta tidak dapat diserahkan oleh siapapun.
  2. Semua orang sejak dalam kandungan berhak mendapatkan semua hak, baik itu hak sipil, ekonomi, budaya, sosial, dan politik, karena itu HAM tidak dapat dibagi.
  3. HAM adalah hak asasi manusia yang sudah ada saat manusia masih dalam kandungan hingga menutup mata, sehingga HAM memiliki sifat yang kekal atau hakiki.
  4. Seperti yang telah disebutkan diawal dari pengertian HAM tadi, HAM bersifat universal. Artinya semua orang tanpa memandang status, jabatan, suku, warna kulit, jenis kelamin atau perbedaan lainnya, dimata HAM adalah sama.

Macam-Macam HAM

HAM selain memiliki ciri khusus juga terbagi menjadi 6 macam, macam macam HAM ini perlu diketahui setiap manusia. Sehingga kita dapat mengetahui pelanggaran pelanggaran HAM. Mulai dari Hak Asasi Pribadi, Hak Asasi Politik, Hak Asasi Hukum, Hak Asasi Ekonomi, Hak asasi Peradilan dan yang terakhir adalah Hak Asasi Sosial Budaya. Apabila terjadi pelanggaran dari berbagai macam HAM tersebut maka pelanggar akan berurusan langsung dengan hukum.

Selesai sudah ulasan kita mengenai pengertian HAM serta ciri khusus yang dimilikinya beserta macam macam HAM. Dengan mengenal dan memahaminya, kini anda akan semakin paham dan ketika anda menemukan sebuah pelanggaran HAM, maka anda dapat melaporkan kepada pihak berwajib. Sebab pelanggaran HAM berkaitan langsung dengan hukum.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: