Pengertian Ham Menurut Para Ahli Dari Berbagai Aspek

Pengertian Hak Asasi Manusia

Pengertian HAM menurut para ahli adalah salah satu hukum yang menjadi pedoman masyarakat dalam menjalankan suatu kebijakan tentang suatu hak dari perseorangan yang dicetuskan oleh para pengamat ham itu sendiri. Pengertian ini memiliki makna bahwa suatu hak manusia itu melekat pada diri manusia itu sendiri yang diberikan oleh Sang Pencipta. Dalam teorinya ada beberapa HAM yang berlaku dalam masyarakat secara universal dan di indonesia juga sudah dicantumkan dalam UUD 1945. Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat yang berbeda-beda tentang HAM.

Definisi HAM menurut pakar

Ada beberapa pakar yang mengungkapkan tentang pengertian HAM menurut para ahli yang akhirnya juga dijadikan salah satu dasar dan pedoman dalam menegakkan keadilan dalam HAM. Definisi para ahli tentang HAM ini sangat berbeda-beda karena pengamatan mereka pun juga berbeda. para ahli tersebut adalah Oemar Seno Adjie, Prof Koentjoro Poerbopronoto, G.J Wolhos, C. de Rover, Leah Kevin, dan berdasarkan UUD 1945 yang sudah lama ditetapkan. Semua pakar tersebut memiliki sudut pandang sendiri dan juga ketetapan tersendiri dalam memiliki kasus HAM yang terjadi saat ini.

Macam-macam HAM

Berdasarkan rumusan pengertian dari para ahli tentang arti dari HAM ini akhirnya memberikan beberapa gambaran tentang HAM itu sendiri. salah satu yang menjadi gambaran itu diungkapkan menjadi macam-macam Hak Asasi Manusia yang memang harus dilindungi. Macam-macamnya yaitu

  1. Hak Asasi Pribadi (Personal Right)
  2. Hak Asasi Ekonomi (Property Right)
  3. Hak Asasi Politik (Politic Right)
  4. Hak Asasi Hukum ( Rights of Legal Quality)
  5. Hak Asasi Sosial dan Budaya (Social and Culture Rights)
  6. Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)

Manfaat perlindungan HAM

Karena HAM itu dimiliki oleh setiap manusia maka haruslah dilindungi dengan benar. Pengertian HAM menurut para ahli ini bisa mewujudkan solidaritas yang lebih kuat, hubungan yang harmonis antar individu serta tidak ada pertikaian yang terjadi akibat kesalah pahaman dalam hak-hak yang diberikan.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Ham Menurut Para Ahli Dari Berbagai Aspek | Admin | 4.5
%d bloggers like this: