Pengertian Hak Dan Kewajiban Warganegara

Pengertian hak dan kewajiban warga negara adalah hak-hak yang bisa didapatkan warga negara setelah melakukan kewajiban-kewajibannya kepada negara.

Hak adalah segala hal yang mutlak bisa didapatkan dan bisa dimiliki oleh manusia sejak dia diciptakan. Tanpa hak, seseorang tidak akan bisa hidup dengan bebas dan juga memenuhi segala kebutuhan dengan baik.

Menurut kamus bahasa Indonesia, hak adalah sesuatu yang benar, memiliki, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu, kekuasaan yang benar atau menuntut sesuatu, derajat, atau martabat. Hak dari warga negara dilindungi oleh undang-undang.

Warga negara Indonesia sebaiknya sudah mengetahui mengenai pengertian hak dan juga kewajiban warga negara. Pengertian ini bukan hanya bisa diketahui dari sekolah saja namun siapa saja wajib tahu agar bisa menjadi warga negara yang baik untuk negara Indonesia. Berikut ini adalah pengertian dari hak yang harus kita ketahui.

Pengertian hak dan kewajiban warga negara memang menjadi hal yang sangat penting sehingga masyarakat harus bisa memahami apa haknya di dunia ini dan terutama di negara ini. Untuk bisa mendapatkan haknya, warga negara harus melakukan kewajibannya sebagai warga negara. Berikut ini adalah pengertian kewajiban dari warga negara adalah melakukan tugas tugas wajib dari warga negara. Ada banyak sekali kewajiban yang harus dilakukan oleh warga negara agar bisa membantu menciptakan kehidupan bernegara yang baik. Suatu negara akan berjalan dengan baik apabila hak dan kewajiban warga negara bisa dipenuhi dan terpenuhi secara seimbang.

Contoh hak warga negara Indonesia

Jika anda ingin mendapatkan hak sebagai warga negara Indonesia, anda harus melakukan kewajiban dengan baik. Berikut ini adalah contoh dari hak warga negara yang bisa anda ketahui setelah mengetahui pengertian hak dan kewajiban dari warga negara.

Hak yang bisa di peroleh oleh warga negara Indonesia adalah hak untuk mempertahankan Indonesia, hak untuk memperoleh pendidikan, hak untuk memiliki kedudukan yang sama dihadapan hukum, hak untuk memilih agama dan menjalankannya, hak untuk bisa hidup layak, hak untuk mendapat perlindungan hukum, hak untuk mengemukakan pendapat, dan hak lainnya.

Contoh kewajiban warga negara Indonesia

Setelah anda mengetahui hak yang bisa di dapatkan anda juga harus ingat bahwa ada kewajiban yang harus dilakukan agar hak yang anda miliki sebagai warga negara bisa anda dapatkan sepenuhnya. Kewajiban setiap warga negara antara lain membayar pajak, membela dan mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia, wajib taat hukum dan tata tertib, wajib ikut serta membangun negara, dan kewajiban lainnya. Setelah mengetahui pengertian hak dan kewajiban warga negara, anda sudah mengetahui mengenai apa yang sebaiknya anda lakukan untuk negara dan apa yang bisa anda dapatkan dari negara.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Hak Dan Kewajiban Warganegara | Admin | 4.5
%d bloggers like this: