Pengertian Hadist Secara Umum

Hadist adalah segala apa yang berasal dari Nabi Muammad SAW baik itu berupa perbuatan, perkataan, maupun ketetapan. Dengan pengertian hadist tersebut, maka dapat dikatakan jika hadist termasuk salah satu sumber hukum dalam ajaran agama islam. Sebagai salah satu sumber hukum ajaran islam, hadist memiliki kedudukan yang penting. Hadist adalah tempat untuk mempelajari berbagai macam hukum berkaitan dengan hubungan sesama manusia, akhlak terpuji, tata cara beribadah dan lain sebagainya.

Dalam ajaran agama islam, kitab suci Al Qur’an merupakan salah satu sumber hukum yang pertama. Kitab suci tersebut merupakan firman Allah SWT. Selain kitab suci Al Qur’an, terdapat lagi sumber hukum dalam agama islam. Sumber hukum yang kedua ini adalah hadist. Hadist memiliki hubungan yang erat dengan Al Qur’an, sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan. Sebuah hadist kadang mempertegas atau menjelaskan hukum yang ada dalam Al Qura’an, sehingga keduanya memiliki fungsi yang sangat utama bagi umat islam.

Macam Hadist berdasarkan Keasliannya

Dalam pengertian hadist adalah segala sesuatu yang berdasarkan pada Nabi Muhammad SAW. Di dalam dunia islam, hadist memiliki kedudukan yang istimewa. Saat ini dalam ajaran agama islam terutama di bidang ilmu hadist, dikenal berbagai macam jenis hadist berdasarkan keaslian. Jenis hadist tersebut antara lain hadist shaih, hadist hasa, hadist dhaif dan hadist palsu. Hadist sahih merupakan sebuah hadist yang memiliki sanad bersambung. Dengan sanad yang tersambung tersebut, maka hadist shahih banyak diakui kebenarannya oleh seluruh ulama. Hadist berikutnya yaitu hadist hasan. Jenis hadist hasan ini sanadnya tersambung, tetapi terdapat perawi yang ingatannya diragukan.

Selain kedua jenis hadist diatas, masih ada jenis hadist yang lain. Hadist tersebut adalah hadist dhaif. Di kalangan ulama, pengertian hadist dhaif adalah sanadnya tidak tersambung atau perawi tidak kuat ingatannya. Selanjutnya jenis hadist yang keempat adalah hadist maudlu’. Jenis hadist maudlu ini merupakan hadist yang dianggap palsu. Hadist jenis ini isinya kadang bertentangan dengan Al Qur’an, perawinya tidak dikenal, dan berbagai ciri hadist maudlu’ lainnya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Hadist Secara Umum | Admin | 4.5
%d bloggers like this: