Pengertian Hacker Dan Jenis-Jenis Hacker

Pengertian hacker Secara sederhana, banyak orang yang mengatakan bahwa hacker dikenal sebagai pembobol situs, apakah demikian? Apakah hecker selalu bisa diidentikkan dengan hal-hal yang buruk saja? Oke. Pengertian hacker adalah orang yang menganalisa, mempelajari, mengganti dan juga menerobos untuk masuk ke dalam jaringan computer baik hanya untuk sekedar iseng, merasa tertantang, termotivasi atau untuk meraup keuntungan pribadi. Dari pengertian hacker tersebut, tentu hacker tidak hanya melulu diidentikkan dengan hal-hal yang buruk.

Selama ini memang hacker mempunyai konotasi yang buruk atau negative di mata masyarakat umum. Hal tersebut karena hacker sudah dipersepsikan buruk oleh kebanyakan orang. Padahal hal yang harus anda ketahui kaitannya dengan hacker ialah bahwa ada perbedaan antara hacker dan juga cracker.

Banyak orang mengira bahwa hal-hal yang terjadi pada jaringan computer atau dalam computer itu sendiri, baik mengganti tampilan depan sebuah situs, atau memasukkan kode virus ke dalam jaringan, merupakan pekerjaan hacker. Padahal orang yang berbuat itu dinamanya sebagai cracker.

Beda Hacker dan Cracker

Yuph, cracker dikenal sebagai orang yang suka mencoba menerobos ke dalam celah-celah suatu system yang belum di perbaiki dan kemudian mereka melakukan pengrusakan dan memodifikasi ke dalam system tersebut. Dalam kesempatan ini, saya tidak akan membahas lebih lanjut kaitannya dengan cracker, namun saya akan membahas mengenai pengertian hacker. Pada umumnya, hacker bisa dibedakan menjadi dua, yakni white hat hacker dan black hat hacker.

Black Hat dan White Hat Hacker

Pengertian hacker khususnya yang white hat hacker ialah orang atau hacker yang memfokuskan aksinya dalam kaitannya dengan melindungi sebuah system. Hal yang biasanya dilakukan oleh para hacker golongan ini ialah memberikan informasi kaitannya dengan keamanan sebuah system.

Selain white hat hacker, ada juga black hat hacker yang mempunyai focus untuk menerobos masuk ke dalam sebuah system dan kemudian melakukan beberapa modifikasi ke dalam system tersebut. Itulah pengertian dari hacker yang bisa anda ketahui.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: