Pengertian Gunung Dan Manfaatnya

Pengertian gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung juga bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit. Gunung terbentuk dari gerakan tektonik lempeng gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik.

Manfaat Gunung

Manfaat gunung ada bermacam-macam yaitu :

  1. Pengertian gunung tersebut juga mengandung arti bahwa Gunung dapat dijadikan tempat rekreasi atau objek wisata. Keindahan gunung dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata misalnya ketep pass yang berada di wilayah Magelang Jawa Tengah.
  2. Menyuburkan tanah. Abu vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi akan membuat tanah menjadi subur setelah mengalami proses betahun-tahun. Hal ini lah yang membuat lahan di sekitar gunung berapi menjadi sangat subur untuk ditanami berbagai jenis sayuran.
  3. Material yang bermanfaat. Apabila gunung mengalami erupsi, maka material yang dikeluarkan oleh gunung berapi akan bermanfaat untuk dijual. Material letusan gunung api dalam waktu yang lama akan menyuburkan tanah, pasirnya dapat digunakan untuk bahan bangunan
  4. Gunung Sebagai pengatur iklim dan penyimpanan air. fungsi gunung mengalirkan air ke daerah-daerah yang memiliki ketinggian yang lebih rendah.
  5. Magma yang keluar dari dalam gunung dapat menyebabkan terangkatnya barang tambang ke muka bumi
  6. Gunung sebagai pendakian. Gunung banyak dijadikan pendakian oleh banyak orang hal ini memiliki dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatifnya adalah mereka yang hanya melakukan pendakian untuk hobi dan menjadikan gunung sebagai tempat sampah baru. Untuk dampak positifnya yaitu orang-orang yang tergerak untuk memiliki gaya hidup yang sehat dengan berolahraga melakukan pendakian ke gunung

Apabila kita telah mengetahui apa pengertian gunung dan manfaatnya, maka anda dapat memberikan pengetahuan bagi kita. Manfaat yang terkandung adanya gunung sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: