Pengertian Gunung Meletus, Ciri-Ciri dan Dampak Positif/Negatifnya

Pengertian gunung meletus adalah gunung yang memuntahkan materi-materi dari dalam bumi seperti awan panas, debu, asap, kerikil, batu-batuan, lava, lahar ataupun magma. Disisi lain gunung meletus juga didefinisikan sebagai aktivitas gunung berapi yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong oleh gas bertekanan tinggi.

Ciri-ciri sebelum gunung meletus

Setelah memahami pengertian gunung meletus, selanjutnya akan dibahas mengenai beberapa tanda yang dapat dijadikan bahwa gunung berapi akan meletus.

Dimana salah satunya adalah suhu disekitar gunung naik, baik suhu mata air ataupun suhu udara disekitar gunung berapi. Disisi lain mata air juga mengering. Hal tersebut dapat mengakibatkan tumbuh-tumbuhan disekitar gunung menjadi layu dan binatang menjauhi dari gunung atau mulai masuk kekawasan pemukiman.

Selanjutnya ciri lain gunung berapi akan meletus adalah gunung tersebut mengeluarkan suara gemuruh yang terkadang juga disertai getaran tanah ataupun gempa.

Dampak gunung meletus

Terjadinya gunung meletus tentunya akan mengakibatkan beberapa dampak bagi lingkungan sekitar, baik dampak negatif maupun positif. Terdapat beberapa dampak negatif gunung meletus. Asap dan debu dari gunung meletus dapat menyebabkan ISPA bagi penduduk di wilayah gunung berapi.

Selain itu, gunung meletus dapat mengakibatkan aktivitas penduduk menjadi lumpuh dan terhenti. Materi gunung berapi seperti lava dan lahar akan merusak semua yang dilalui seperti hutan, sungai, lahan pertanian maupun pemukiman penduduk.

Tidak hanya itu dengan terjadinya gunung meletus juga akan mengakibatkan terganggunya pariwisata yang terletak dikawasan gunung berapi ataupun jalur pendakian yang ditutup.

Namun terlepas dari akibat buruk yang ditimbulkan, terdapat dampak positif gunung meletus yang bisa dirasakan pasca bencana. Dimana penduduk bisa memanfaatkan material yang dimuntahkan gunung berapi, seperti bebatuan dan pasir sebagai bahan bangunan.

Disisi lain tanah disekitar area yang terdampak gunung meletus juga akan menjadi lebih subur, sehingga petani juga akan lebih diuntungkan. Selain itu gunung meletus juga mampu memunculkan sumber air panas yang bisa dimanfaatkan oleh penduduk sebagai tempat wisata kesehatan. Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian gunung meletus, ciri-ciri serta dampak yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Gunung Meletus, Ciri-Ciri dan Dampak Positif/Negatifnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: