Pengertian Getaran , Jenis dan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian getaran adalah peristiwa gerak bolak bali secara teratur dari sebuah benda melalui satu titik yang seimbang. Getaran juga dikenal dengan gerak periodik karena gerakannya yang teratur. Besar kecilnya pergerakan dipengaruhi oleh jumlah energi yang diberikan pada benda tersebut. Jadi satu getaran merupakan gerakan bolak balik dari sebuah benda. Contoh sederhana dari sebuah gerakan bandul. Jika masih satu kali gerakan belum disebut sebagai getaran.

Jenis-Jenis Getaran

Getaran sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu ada getaran bebas dan getaran paksa. Getaran bebas merupakan getaran yang terjadi karena sistem mekanis yang dimulai dari gaya awal dari sebuah sistem. Kemudian benda akan dibiarkan bergetar dengan bebas. Untuk getaran bebas ini akan menghasilkan frekuensi yang lebih dinamika dan natural. Misalnya getaran pada bandul yang dilepaskan kemudian akan menghasilkan getaran terus menerus sampai bandul tersebut berhenti.

Untuk getaran paksa, juga bisa dipahami dari pengertian getaran itu sendiri. Getaran paksa merupakan getaran bola balik karena adanya sebuah gaya dari luar yang dipaksakan. Misalnya rumah yang bergetar ketika terjadi gempa. Jadi ada gaya gerakan gempa dari luar yang membuat sebuah rumah bergetar. Didalam getaran juga dikenal dengan istilah amplitudo yang berarti simpangan terjauh dari sebuah titik keseimbangan getaran. Ketika terjadi getaran adanya yang namanya titik terjauh. Bisa anda lihat ketika melakukan getaran pada sebuah bandul.

Untuk menghitung frekuensi getaran bisa memakai rumus F=n/t. F berarti frekuensi dengan satuan hertz, n berarti jumlah getaran dan t berarti waktu dengan satuan second. Frekuensi getaran merupakan banyaknya jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Untuk menghitung periode anda bisa memakai rumus T = t/n. T berarti periode yang satuannya second, T berarti waktu yang satuannya second dan n berarti jumlah getaran. Periode digunakan untuk menghitung dalam satu kali getaran dalam satuan periode. Itulah sedikit informasi yang bisa dijelaskan mengenai pengertian getaran. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Getaran , Jenis dan Contoh Dalam Kehidupan Sehari-Hari | Admin | 4.5
%d bloggers like this: