Pengertian Geografi Dan Jenisnya

Pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi, keruangan, manusia dan fenomena fisik di bumi. Geografi memang lebih fokus di ilmu bumi. Kata geografi sendiri berasal dari kata geo yang artinya bumi dan graphein yang artinya menjelaskan. Dari gabungan dua kata itu pun sudah jelas, kalau geografi sendiri menjelaskan tentang semua hal mengenai bumi. Dari para ahli pun menjelaskan pengertian yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Geografi

Geografi dibagi menjadi beberapa jenis. Ada geografi fisik, geografi manusia,dan geografi teknik. Setiap jenis ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Geografi fisik lebih mempelajari tentang landscape atau bentang lahan. Fokusnya lebih ke lingkungan fisik dari bumi. Entah itu daratan maupun lautan.

Dari geografi fisik pun dibagi menjadi cabang ilmu. Seperti meteorologi, oceanografi, hidrologi, hidrografi, geologi, geomorfologi. Ilmu tanah dan lainnya. Semuanya mempelajari mengenai semua hal tentang bumi ini.

Untuk geografi manusia. Sedikit berbeda dari maksud pengertian geografi itu sendiri. Seperti namanya geografi manusia, tentunya mempelajari berbagai hal mengenai manusia.

Dari penyebaran penduduk, jumlah penduduk, aktivitas ekonomi, dinamik penduduk, sosial, budaya dan lainnya. Dari geografi manusia ini juga dibagi menjadi beberapa cabang ilmu. Seperti geografi ekonomi, geografi politik, demografi dan geografi penduduk.

Sedangkan geografi teknik merupakan jenis ilmu geografi yang menganalisis tentang data informasi. Jadi mempelajari tentang diafragma, bentuk peta, foto udara penginderaan jauh dan lainnya. Cabang ilmunya dibagi menjadi kartografi, ilmu penginderaan jauh, sistem informasi geografis, dan lainnya. Jadi setiap jenis geografi memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling berhubungan satu sama lain.

Untuk mempelajari semua hal yang ada dibumi, semua ilmu tersebut harus digunakan. Kita tidak bisa mempelajari dari aspek fisik saja, tetapi juga harus mempelajari aspek manusianya. Lalu dihubungkan dari aspek teknik. Kita harus mempelajari tentang tanah, pertumbuhan penduduknya dan masih banyak lainnya. Dari situlah kita bisa lebih paham tentang pengertian geografi itu sendiri. Sekian artikel kali ini, semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Geografi Dan Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: