Pengertian Gempa Bumi Secara Umum dan Macam Jenisnya

Gempa bumi merupakan gejala alam yang ditandai dengan terjadinya getaran pada bumi. Gejala ini terjadi disebabkan oleh pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba sehingga menimbulkan patahan lapisan batuan pada kerak bumi. Peristiwa gempa bumi ini sangat berpotensi terjadi di Indonesia karena secara geografis wilayah Indonesia terletak di kawasan cincin api dan juga terletak di daerah tempat bertemunya lempengan antar benua. Oleh karena itu wawasan mengenai gempa bumi ini sangat penting bagi masyarakat. Inilah pentingnya mengetahui pengertian gempa bumi dan macamnya.

Pengertian Gempa Bumi Menurut Para Ahli

Pergeseran lempeng bumi akan menyebabkan getaran yang dapat Anda rasakan sebagai gempa bumi. Hal ini merupakan gejala alam yang mungkin terjadi karena lempengan di dasar bumi memang mengalami pergerakan pada waktu tertentu.

Namun berdasarkan penyebabnya, gempa bumi dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Pertama, gempa vulkanik. Gempa vulkanik terjadi akibat letusan gunung berapi. Kedua, gempa tektonik yang terjadi akibat bergesernya lapisan kulit bumi karena pelepasan energi.

Gempa tektonik ini biasanya memiliki hiposentrum atau pusat gempa di dasar laut pada kedalaman tertentu.Kemudian ketiga, yaitu gempa runtuhan atau terban. Pengertian gempa bumi runtuhan atau terban ini adalah gempa yang dirasakan akibat adanya tanah longsor, gua runtuh atau peristiwa sejenisnya. Gempa ini memiliki dampak yang kecil dan mencakup wilayah yang sempit.

Selain berdasarkan penyebabnya, gempa juga dapat dibedakan berdasarkan kedalamannya. Pertama, gempa bumi dalam yaitu gempa bumi yang memiliki pusat gempa atau hiposentrum pada kedalaman lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi. Selanjutnya gempa bumi menengah.

Pengertian gempa bumi menengah adalah gempa bumi yang pusat gempanya terjadi pada kedalaman antara 60 km sampai 300 km di bawah permukaan bumi. Selanjutnya ada pula gempa bumi dangkal dengan hiposentrum kurang dari 60 km dari permukaan bumi. Dari ketiga jenis gempa tersebut, gempa bumi dangkal merupakan gempa yang mengakibatkan kerusakan paling parah.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: