Pengertian Gelombang Dan Macamnya

Pengertian gelombang adalah gejala rambatan dari suatu getaran. Gelombang terjadi ketika terjadi getaran terus menerus. Di dalam gelombang mengandung energi yang berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Misalnya ketika kita menggerakkan tali yang diikatkan di sebuah tiang, ketika digoyangkan akan terjadi gelombang keatas dan ke bawah membentuk sebuah bukit. Jadi ketika kita menggerakkan sebuah benda yang bergetar pasti ada gelombang yang terjadi.

Macam-Macam Gelombang

Gelombang sendiri di bagi menjadi dua macam yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa dipisahkan dari yang namanya gelombang. Bahkan ombak laut pun memiliki sebuah gelombang. Gelombang mekanik adalah gelombang yang terjadi karena membutuhkan medium atau perantara. Jadi jika tidak ada perantara atau medium, maka jenis gelombang ini tidak akan terjadi. Misalnya gelombang bunyi pada senar gitar yang membutuhkan perantara gesekan.

Sedangkan gelombang elektromagnetik berarti gelombang yang terjadi tanpa membutuhkan medium atau zat perantara. Berarti gelombang ini bisa terjadi atau merambat tanpa butuh perantara sama sekali. Contohnya gelombang cahaya yang tidak membutuhkan perantara sama sekali. Dari sinilah kita bisa memahami pengertian gelombang dengan lebih jelas.

Jenis gelombang juga bisa dibedakan berdasarkan arah getarnya yaitu ada gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah merupakan gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatannya. Bentuk getaran seperti sebuah lembah. Sedangkan gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya. Bentuk getarannya seperti sebuah renggangan.

Gelombang juga bisa dibedakan berdasarkan gelombang berjalan dan gelombang diam. Selain itu anda harus bisa memahami sifat dari gelombang itu sendiri. Gelombang itu bisa dipantulkan, bisa dibiaskan, bisa dipadukan, dibelokkan, dispersi gelombang, diserap dan lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa dipisahkan dari yang namanya gelombang. Seperti gelombang tv, radio, gelombang bunyi, gelombang suara dan lainnya. Itulah sedikit informasi tentang pengertian gelombang, semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Gelombang Dan Macamnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: