Pengertian Gambar (Image) dan Jenis-Jenisnya

Pengertian gambar adalah sebuah perpaduan antara titik, garis, bidang dan warna yang berguna untuk mencitrakan sesuatu. Di sekitar kita saat ini banyak terdapat gambar-gambar. Seperti pada komik, buku cerita, dan lain sebagainya. Gambar juga dapat diartikan sebagai sebuah tampilan suatu objek kedalam media gambar. Media sebuah gambar dapat berupa kertas, kain, papan kayu, dan berbagai macam media lainnya. Selain hal tersebut, dengan membuat gambar, seseorang juga bisa mengungkapkan imajinasi yang ada di dalam pikirannya.

Gambar juga bisa menjadi sebuah ekspresi perasaan pembuatnya. Seorang yang suka yang gemar menggambar biasanya menunjukkan ekspresi perasaan pada gambar yang ia buat. Oleh karena hal tersebut, gambar juga termasuk karya seni yang membutuhkan keahlian khusus untuk menghasilkan sebuah karya yang bernilai seni tinggi.

Jenis-Jenis Gambar

Pada dasarnya, pengertian gambar adalah hasil penggabungan dari titik, garis, bidang serta warna yang menjadi suatu bentuk. Dengan pengertian gambar tersebut, maka gambar terbagi atas dua macam. Jenis gambar tersebut yaitu gambar Kreatif dan gambar konstruktif. Gambar kreatif merupakan sebuah gambar yang memerlukan imajinasi dan keahlian dalam pembuatannya.yang termasuk dalam gambar kreatif ini adalah gambar bentuk dan gambar ekspresif.

Selain gambar kreatif masih terdapat satu jenis gambar lagi. Jenis gambar tersebut adalah gambar konstruktif. Pengertian gambar konstruktif adalah sebuah gambar yang dibuat dengan berdasarkan objek suatu benda. Jenis gambar konstrukftif ini dibuat sama dengan objeknya, yang membedakan hanya ukurannya. Adapun yang termasuk dalam gambar konstruktif adalah gambar tampak, gambar perspektif dan gambar isometri.

Fungsi Sebuah Gambar

Berdasarkan dari pengertian gambar sebagai sebuah karya yang memiliki nilai seni, maka sebuah gambar memiliki berbagai macam fungsi. Fungsi dari sebuah gambar tergantung dari tujuan para pembuatnya. Salah satu fungsi gambar adalah sebagai penyampaian sebuah ekspresi perasaan, sebagai media penyampaian informasi, sebagai karya seni, dan berbagai fungsi dari gambar lainnya. oleh karena hal tersebut, maka sebuah gambar memiliki berbagai macam fungsi tergantung dari pembuatnya.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Gambar (Image) dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: