Pengertian Frekuensi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Frekuensi ialah bisa diartikan dengan keseringan terhadap pemanfaatan tertentu. Apakah yang anda pikirkan ketika anda mendengar istilah frekuensi? Yuph, mungkin kebanyakan orang akan memikirkan radio jika berbicara mengenai frekuensi. Radio memang di kenal sebagai salah satu peralatan yang memanfaatkan frekuensi gelombang dalam menghantarkan suara.

Namun demikian, frekuensi tidak hanya berhubungan dengan radio saja, namun juga hal-hal yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari anda, anda pasti akan menemukan makna dari frekuensi tersebut. Salah satu hal yang berhubungan dengan frekuensi ialah suara.

Ketika anda mendengarkan sesuatu maka akan ada frekuensi suara yang masuk ke dalam telinga anda. Dalam kesempatan ini, saya akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian frekuensi. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Definisi Frekuensi

Apa itu pengertian frekuensi? Yuph, mungkin jika anda mendapatkan pertanyaan seperti ini, maka anda akan kesulitan untuk menjawab kaitannya dengan pertanyaan apa itu definisi frekuensi.

Mungkin banyak dari anda yang telah banyak mendengar istilah ini, namun mungkin anda belum mengetahuinya. Istilah ini berasal dari bahasa inggris yang ‘frequency’ yang mempunyai arti tingkat keseringan atau ukuran jumlah.

Istilah frekuensi dalam kegiatan sehari-hari sering digunakan untuk menunjukkan suatu keseringan pemanfaatan tertentu. Dalam dunia fisika, frekuensi mempunyai pengertian bahwa banyaknya getaran yang bisa terjadi dalam satuan waktu atau bisa diartikan dengan jumlah gelombang listrik yang dalam satu satuan waktu tertentu.

Selain itu, frekuensi ini biasanya juga dekat dengan hal-hal yang berbau suara dan juga media komunikasi, seperti televisi, radio, telepon dan media-media yang lain.

Jenis Frekuensi dalam Fisika

Dalam dunia fisika, frekuensi bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni frekuensi radio dan frekuensi audio. Frekuensi radio sendiri merupakan frekuensi yang berhubungan dengan spectrum elektromagnetik yang bisa diproduksi oleh arus bolak-balik ke antena.

Frekuensi ini juga bisa digunakan untuk alat komunikasi khususnya pesan suara melalui gelombang. Sementara itu, frekuensi audio ialah frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia dan frekuensi jenis ini memang di kenal dengan nama lain frekuensi suara. Itulah pengertian frekuensi yang bisa anda ketahui.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Frekuensi Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: