Pengertian Frasa Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian frasa adalah suatu gabungan kata atau dari dua kelompok kata yang memiliki suatu makna gramatikal. Frasa bisa disebut juga sebagai bagian dari suatu kalimat. Gabungan dua kata atau lebih dan belum memenuhi syarat sebagai suatu kalimat maka bisa disebut sebagai frasa. Dalam istilah lain frasa juga bisa disebut sebagai gabungan kata yang belum menjadi kalimat sempurna. Jika anda menemukan suatu gabungan kata namun belum bisa mengisi posisi seperti yang ada pada kalimat adalah suatu frasa contohnya adalah kata yang belum bisa memenuhi spok.

Ciri ciri dari frasa

Setelah anda mengetahui mengenai pengertian frasa, selanjutnya adalah mengetahui mengenai ciri ciri dari frasa. Dalam bahasa Indonesia, frasa bisa di analisis dengan mengetahui ciri cirinya. Ciri yang pertama adalah terdiri dari dua kata atau lebih.

Ciri yang kedua, frasa memiliki fungsi gramatikal yang ada pada kalimat. Ciri yang ketiga Pengertian dari frasa yakni frasa memiliki makna gramatikal sehingga meskipun belum bisa disebut sebagai kalimat namun frasa biasanya sudah memiliki arti. Ciri yang terakhir adalah memiliki sifat nonpredikatif.

Contoh-contoh dari frasa

Setelah anda mengetahui pengertian frasa dan juga ciri-cirinya. Anda bisa langsung belajar untuk mengetahui mengenai contoh dari kata ata yang bisa disebut sebagai frasa. Kita akan mengambil beberapa contoh frasa yang ada di kehidupan sehari hari seperti nasi goreng, makan malam, sedang makan, beraktifitas siang hari, dan masih banyak lagi contoh yang bisa anda temukan. Frasa memang belum bisa dikatakan sebagai kalimat.

Sepanjang apapun frasa tentu tidak akan memenuhi kriteria sebagai kalimat misalnya adalah pada frasa “diatas jalan berliku yang tajam dan berbatu”. Ketika anda mengucapkannya banyak orang yang sudah mengerti artinya namun tidak memenuhi setiap struktur kalimat.

Pengertian frasa memang sangat sederhana. Anda bisa menganalisis dengan lebih mudah setelah mengetahui pengertian ciri ciri dan juga contoh dari frasa yang telah di bahas di atas. Pemahaman mengenai frasa memang sangat penting karena nantinya menjadi dasar untuk pelajaran bahasa yang lebih detail dan menyeluruh.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: