Pengertian Fosil, Jenis dan Cara Terbentuknya

Pengertian fosil adalah sisa-sisa tumbuhan, makhluk hidup yang telah mati. Makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan tersebut hidup di jaman purba. Setelah berpuluh ribu tahun terpendam di bawah lapisan tanah, sisa-sisa makhluk hidup dan tumbuhan purbakala tersebut mengeras. Sehingga terbentuklah apa yang dinamakan dengan fosil. Fosil merupakan bukti kuat bahwa terdapat kehidupan purba jauh sebelum manusia menempati bumi ini.

Jenis-jenis Fosil

Dalam ilmu paleontologi, ada dua macam jenis fosil yaitu fosil tubuh dan fosil jejak. Pengertian fosil adalah dasar untuk bisa memahami yang selanjutnya.

1. Fosil Tubuh

Pengertian fosil tubuh adalah fosil yang terdiri dari sisa-sisa tubuh organisme atau makhluk hidup itu sendiri. Seperti misalnya, gading gajah purba mamooth, ataupun tulang-tulang binatang purba lainnya.

2. Fosil Jejak

Jenis fosil yang kedua adalah fosil jejak. Pengertian untuk fosil ini merupakan fosil yang terbentuk dari aktivitas atau perilaku-perilaku organisme di waktu lampau. Organisme atau makhluk hidup jaman purba pasti menyisakan jejak-jejak aktivitas mereka saat masih hidup. Fosil-fosil jejak misalnya, sarang makhluk hidup tersebut, kotorannya, bekas-bekas cakarannya, atau sisa-sisa aktivitas lainnya.

Cara Terbentuknya Fosil

Pengertian dari fosil selanjutnya akan dilanjutkan dengan Bagaimana sisa-sisa makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan pra sejarah yang sudah mati bisa menjadi fosil? Menurut para ahli paleontologi ada beberapa cara mengapa sisa-sisa makhluk hidup pra sejarah tersebut menjadi fosil.

1. Karbonisasi

Jasad organisme seringkali langsung terkubur dan belum mengalami proses pembusukan. Lapisan sedimen yang mengendap di atasnya membuat jasad tersebut lebih dalam terkuburnya. Lalu, jasad dari organisme yang terkubur sangat dalam akan terpanaskan oleh panas bumi. Sehingga akan menyisakan karbon film, contohnya adalah fosil daun.

2. Pembekuan

Fosil terbentuk karena mengalami proses pembekuan. Contohnya adalah mamooth atau gajah purba. Sisa jasad mereka tertanam di dalam es yang beku.

3. Fosil Amber

Pengertian fosil amber adalah fosil yang terbentuk di dalam getah pohon. Misalnya, serangga purba yang terperangkap di dalam getah pohon. Kemudian jadilah sebuah fosil serangga.

4. Rekristalisasi

Rekristalisasi adalah proses pemfosilan yang satu jenis mineral berubah menjadi kristal ke dalam bentuk mineral lainnya.

5. Proses Fosilisasi Fosfat

Fosilisasi fosfat adalah proses fosilisasi yang memanfaatkan mineral fosfat untuk meresap ke dalam pori batuan, kemundian masuk ke sisa organisme. Serat otot makhluk hidup bisa menjadi awet atau menjadi fosil melalui proses ini.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Fosil, Jenis dan Cara Terbentuknya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: