Pengertian Firewall Dan Fungsi Firewall

Firewall mungkin sering Anda dengar namun tak begitu memahami pengertian istilah ini. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian firewall secara luas. Secara kontekstual kata firewall dapat diartikan sebagai tembok atau dinding api. Namun meskipun demikian, makna firewall tidak dapat dipahami secara demikian sempit. Pengertian firewall adalah suatu aplikasi atau sistem perangkat lunak, dimana sistem ini yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan juga sekaligus mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.

Pada dasarnya firewall ini digunakan dalam sebuah mesin yang memiliki gateway antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Firewall akan membatasi atau melakukan kontrol akses terhadap siapapun yang punya akses ke dalam jaringan pribadi dari pihak luar.

Pada intinya, firewall merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengontrol komunikasi antar dua jaringan yang berbeda, misalnya saja sebagai suatu sistem aplikasi untuk melindungi data perusahaan yang saat ini dapat berhubungan dengan internet, dengan pihak luar perusahaan yang dianggap berbahaya bagi data pribadi perusahaan misalnya peretas, mata-mata atau pencuri data.

Pengertian Firewall dan Fungsinya

Setelah membahas mengenai pengertian firewall di atas maka pembahasan selanjutnya adalah terkait fungsi dari firewall. Pada umumnya frewall memiliki fungsi yaitu melakukan pengaturan dan kontrol terhadap jaringan, melakukan autentifikasi pada akses, melakukan perlindungan sumber daya dalam jaringan personal, dan yang terakhir adalah melakukan pencatatan atas semua kejadian dengan tujuan agar dapat melakukan diagnosa terhadap suatu permasalahan.

Selanjutnya berkaitan dengan fungsi firewall, terdapat dua macam firewall yaitu personal firewall dan network firewall. Personal firewall merupakan sistem perangkat lunak yang didesain dengan tujuan untuk melindungi komputer yang memiliki memiliki koneksi ke jaringan dari akses yang tidak diinginkan.

Saat ini firewall jenis ini telah berkembang menjadi suatu sistem perlindungan komputer secara keseluruhan berkat adanya tambahan fitur-fitur berupa perlindungan dari virus dan lain sebagainya. Contoh personal firewall antara lain Microsoft Windows Firewall (telah terintegrasi dalam sistem operasi Windows XP Service Pack 2, Windows Vista, Windows Server 2003 Service Pack 1)

Selanjutnya jenis firewall yang kedua adalah network firewall. Pengertian firewall jenis ini adalah sistem aplikasi perangkat lunak yang didesain untuk melakukan perlindungan jaringan secara keseluruhan dari berbagai serangan. Firewall ini muncul dalam dua bentuk, pertama perangkat terdedikasi atau sebuah perangkat lunak yang diinstalasikan di dalam server.

Bentuk network firewall ini pada umumnya adalah memiliki sifat transparan sehingga tidak terlihat dari pengguna. Selain itu juga terdapat teknologi routing yang digunakan untuk menentukan paket yang akan diizinkan ataupun ditolak. Contoh dari network firewall ini adalah Microsoft, Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco PIX, Cisco ASA, IPTables dalam sistem operasi GNU/Linux dalam keluarga sistem operasi Unix BSD.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Firewall Dan Fungsi Firewall | Admin | 4.5
%d bloggers like this: