Pengertian Ilmu Filsafat Dan Perannya Dalam Kehidupan

Pengertian filsafat ialah suatu bidang studi yang mempelajari mengenai peristiwa pada kehidupan dan berbagai pemikiran manusia yang dijabarkan kedalam konsep dasar. Ilmu filsafat tidak dipelajari dengan melakukan suatu percobaan, akan tetapi dengan penyampaian masalah secara utuh. Seseorang yang belajar ilmu filsafat dituntut untuk mampu memberikan solusi dan argumentasi mengenai sebuah masalah. Ilmu filsafat ini memerlukan sebuah logika bahasa dan logika berpikir yang rasional.

Sebuah ilmu filsafat adalah ilmu yang mengandalkan logika dalam berfikir. Hal ini menyebabkan filsafat menjadi ilmu yang berciri eksak, tetapi tetap ada nuansa spekulasi, dan rasa keraguan di dalamnya. Dengan keadaan ilmu filsafat yang terkesan unik tersebut, maka banyak orang yang yang tertarik untuk mempelajari bidang studi yang satu ini.

Tokoh-Tokoh Ilmu Filsafat

Pengertian filsafat pada umumnya adalah sebuah bidang studi yang mengandalkan logika dalam pemecahan setiap masalah. Dari cabang ilmu yang satu ini telah melahirkan berbagai tokoh filsafat dunia yang terkenal. Misal tokoh filsafat yang terkenal adalah Ibnu Sinai. Ia adalah salah satu filsafat muslim yang sangat terkenal. Ibnu Sinai lahir zaman kekhalifahan Abbasiyah. Selain terkenal sebagai seorang ilmuwan muslim yang ahli di bidang kedokteran, tokoh yang satu ini juga ahli dalam bidang ilmu filsafat. Dengan keahlian di dua disiplin ilmu ini, maka nama Ibnu Sinai sangat terkenal di dunia filsafat dan kedokteran.

Selain Ibnu Sinai, masih banyak lagi tokoh filsafat yang terkenal. Seperti ahli filsafat alam dari Negara Yunani yang satu ini. Tokoh tersebut bernama Tahles. Thales ini merupakan orang yang pertama kali melakukan pemikiran menggunakan cara filsafat. Seorang Thales mengemukakan pemikiran bahwa semua kehidupan di dunia ini bermula dari air.

Manfaat Ilmu Filsafat

Menurut pengertian filsafat di atas, maka dapat di tarik sebuah kesimpulan bahwa manfaat ilmu filsafat adalah untuk memecahkan suatu perkara atau masalah menggunakan logika. Selain hal tersebut, filsafat juga berfungsi untuk mempertajam pola pikir pada diri seseorang. Dengan demikian, maka ilmu filsafat termasuk salah satu cabang ilmu yang perlu untuk dipelajari.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: