Pengertian Evolusi dan Jenis-Jenisnya

Evolusi mempunyai beberapa macam definisi. Evolusi berasal dari bahasa latin Evolvere yang mempunyai arti membuka lipatan. Dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Exvolvere artinya keluar menggulung atau berkembang. Pengertian evolusi secara umum yaitu suatu proses perubahan yang terjadi secara bertahap atau berangsur. Perubahan ini berubah menjadi bentuk lain, bentuk biasa, dan ke dalam bentuk yang lebih baik. Sedangkan arti evolusi lainnya adalah proses perubahan dari makhluk hidup secara bertahap dengan jangka waktu yang lama menjadi bentuk yang lebih baik atau komplek dari sebelumnya.

Jenis-Jenis Evolusi

Ada dua buah jenis evolusi, pertama yaitu evolusi kosmik, dan yang kedua evolusi organik atau organis.

1. Evolusi Kosmik

Pengertian evolusi kosmik adalah evolusi yang berlangsung pada lingkungan abiotik atau lingkungan yang tidak hidup. Adapun dalam teori evolusi kosmik ini dijelaskan bahwa bumi tercipta dari ledakan galaksi pada jutaan tahun yang lalu. Dan sejak saat itu bumi telah mengalami proses evolusi atau perubahan.

2. Evolusi Organik/Organis/Biologi

Pengertian evolusi organik atau biologi ini adalah evolusi yang terjadi pada makhluk hidup atau pada lingkungan biotik yang hidup dari generasi ke generasi selanjutnya.

Perkembangan Teori Evolusi

Teori evolusi mengalami perkembangan sejak abad ke 19. Karena pada masa-masa itu telah banyak ditemukannya berbagi macam fosil dari kehidupan pra sejarah. Hal tersebut membuktikan bahwa sejatinya makhluk hidup mengalami proses evolusi. Ada beberapa teori evolusi dari para ahli, diantaranya:

1. Teori Evolusi Lamarck

Teori ini dikemukakan oleh Jean Baptiste de Lamarck pada tahun 1809. Ada 2 fakta penting dalam teori ini. Pertama, penemuan fosil mengindikasikan bahwa kehidupan pra sejarah berbeda dengan kehidupan sekarang ini. Kedua, pada teorinya dijelaskan bahwa mengapa makhluk hidup bisa beradaptasi dengan lingkungannya dengan sangat baik.

2. Teori Evolusi Darwin

Pengertian evolusi menurut Charles Darwin dalam perkembangannya yang dikemukakan dalam teorinya bahwa evolusi terjadi dan berlangsung karena adanya seleksi alam. Seleksi alam adalah proses pemilihan secara natural kepada makhluk hidup. Artinya hanya makhluk hidup yang mempunyai variasi sesuai dengan lingkungannya yang akan bertahan, yang tidak sesuai maka akan hilang atau punah.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: