Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Sedangkan pengertian ERP sendiri adalah sebuah konsep perencanaan dan pengelolaan sumber daya milik perusahaan yang meliputi dana, mesin, manusia, waktu, suku cadang, material, dan juga kapasitas.

Hal ini memiliki pengaruh yang luas di perusahaan, mulai dari manajemen teratas sampai operasional dan dilakukan agar bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk memperoleh nilai tambah bagi setiap pihak yang memiliki kepentingan dengan perusahaan tersebut.

Dari definisi ERP ini bisa diketahui bahwa ERP memiliki peran yang besar bagi perusahaan dengan fungsinya sebagai pengintegrasi dalam proses produksi dan juga jasa perusahaan, bahkan sejak awal proses pemesanan hingga terciptanya produk dan siap untuk dipasarkan. Selain proses produksi, Erp juga berfungsi membantu dalam pengintegrasian data dalam organisasi dengan sebuah platform umum.

Karakteristik ERP

Adapun karakteristik ERP diantaranya adalah system ERP merupakan paket perangkat lunak yang diperuntukkan pada para pengguna server, baik secara tradisional ataupun berbasis jaringan. Sistem ERP juga bekerja dalam memadukan dan memproses mayoritas dari proses bisnis dan transaksi perusahaan.

Baca juga : Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Untuk beberapa hal, ERP bahkan memungkinkan perpaduan antara proses transaksi dengan kegiatan perencanaan. ERP juga menggunakan database milik perusahaan dimana setiap data disimpan sekali saja. Pengaksesan data ini juga bisa dilakukan secara real time.

Selain itu, ERP juga memiliki karakteristik mendukung system multi bahasa dan mata uang serta memungkinkan untuk melakukan penyesuaian kebutuhan khusus dari perusahaan tanpa pemrograman kembali.

Manfaat Penggunaan ERP

Di samping pengertian ERP, penggunaan ERP juga memiliki manfaat untuk perusahaan yaitu integrasi data keuangan dengan lebih jelas dan mendetail. Kemudian ERP juga bermanfaat dalam standarisasi data dan juga informasi, pengoptimalan kerja, efisiensi dan juga pengurangan penggunaan kertas.

Selain itu, manfaat lain dari ERP juga bisa berupa peningkatan kredibilitas perusahaan sehingga kegiatan lain terkait laporan atau data transaksi akan otomatis menjadi lebih optimal.

Terakhir, ERP juga bermanfaat dalam membantu pencarian data dengan mudah jika terjadi kejanggalan sehingga bisa dilakukan perbaikan segera. Demikian ulasan tentang pengertian ERP, karakteristik dan juga manfaatnya untuk perusahaan.

Cari Artikel di Sini


Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Dan Manfaatnya Untuk Perusahaan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: