Pengertian Entrepreneurship, Mindset atau Pola Pikir Berbisnis

Anda pasti sudah sering mendengar kata entrepreneurship bukan? Kata entrepreneurship merujuk pada kata wiraswasta atau wirausaha. Kata ini merujuk pada suatu pekerjaan yang banyak dijalani oleh sebagian besar masyarakat. Wirausaha merupakan suatu pekerjaan yang tidak terikat oleh aturan karena ketika Anda menjadi wirausaha maka Anda dapat menentukan jam kerja Anda sendiri. Jadi, pengertian entrepreneurship adalah sebuah mindset/pola pikir seorang wirausaha untuk berbisnis dengan kekuatan dan semangat penuh, menuangkan ide dan merealisasikannya dalam bentuk bisnis yang efektif.

Hal ini tentu berbeda dengan pekerjaan yang ada di kantor. Pengertian entrepreneurship dapat dipahami sesuai dengan penjelasan di atas. Dalam artikel ini akan kami sajikan terkait kata entrepreneurship.

Pengertian Entrepreneurship dan Tantangan Menjadi Entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausaha tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi sebelum mencapai kesuksesan. Namun pada dasarnya setiap orang dapat menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Hal yang selama ini menghambat seseorang ketika akan menjadi wirausahawan adalah takut dalam mengambil resiko. Padahal menurut Bob Sadino, usaha yang tidak berhasil adalah usaha yang tidak pernah dimulai.

Melalui pengertian entrepreneurship, kita dapat lebih memahami untuk menjadi wirausaha yang baik. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika ingin memulai suatu usaha antara lain yang pertama adalah opportunity atau kesempatan. Kesempatan atau peluang ini biasanya tak datang dua kali sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Ketika Anda mendapatkan ide usaha yang menjanjikan maka segera jalankan usaha tersebut.

Pengertian entrepreneurship juga tak jauh dari kata untung atau profit. Setiap pengusaha tentu ingin mendapatkan keuntungan dalam usaha. Keuntungan atau laba yang dihasilkan dalam suatu usaha dapat melebihi gaji orang yang bekerja di kantor atau sekedar menjadi PNS. Namun untuk mencapai pada tahap ini Anda harus tekun dalam berwirausaha. Keuntungan yang didapatkan tentu akan sangat menggiurkan.

Pengertian entrepreneurship juga tak jauh dari tantangan. Untuk mencapai kesuksesan tentu jalan yang ditempuh tak selalu mulus. Pasti ada sekali waktu berliku dan berlubang. Ibarat pepatah bahwa peselancar yang tangguh tidak akan berselancar di laut yang tenang. Hal ini tentu menandakan bahwa seorang pengusaha harus berani mengambil resiko dan tantangan.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: