Pengertian Ekosistem Secara Umum dan Organisme Didalamnya

Pengertian ekosistem adalah sebuah system ekologi yang dibentuk oleh hubungan saling timbal balik yang tidak bisa dipisahkan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam pengertian lain, ekosistem adalah sebuah kesatuan menyeluruh yang dari berbagai unsure lingkungan yang saling mempengaruhi satu dengan yang lain.

Interaksi antara organisme dengan lingkungan fisik tersebut akan menciptakan keseimbangan alam. Jika hubungan antara lingkungan dengan organism kurang baik tentu akan terjadi masalah yang mengindikasikan ketidakseimbangan ekosistem.

Sumber energy utama untuk ekosistem adalah matahari. Hal ini sudah jelas bahwa matahari adalah sumber energy bagi seluruh dunia. Hubungan interaksi timbal balik yang melibatkan organism dan juga lingkungan fisik akan membuat struktur biotic dan juga akan terbentuk siklus organism dan anorganisme.

Pengertian ekosistem yang sudah sangat jelas ini telah memberikan gambaran bagaimana hubungan antara lingkungan dan juga organism yang saling mempengaruhi. Anda bisa melihat contoh ekosistem yang ada dilingkungan anda.

Dalam sebuah ekosistem terdapat komunitas organism yang tumbuh dan berkembang bersama sama dan dipengaruhi oleh keadaan lingkungan. Organism dapat berinteraksi dengan lingkungan fisik namun organism juga bisa mempengaruhi keadaan lingkungan fisik sehingga interaksi bisa berjalan dengan baik. hubungan semacam ini bisa anda lihat seperti ekosistem kolam.

Lingkungan kolam yang berair tentu akan terdapat organism yang biasa hidup di air seperti ikan, berudu, katak, lumut, serangga air, siput, keong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari kesemua anggota ekosistem tersebut akan saling berinteraksi secara tidak langsung namun saling memberi dampak. Pengertian sebuah ekosistem yang sederhana semacam ini akan membuat anda lebih paham mengenai hubungan lingkungan dengan organism.

Adaptasi organism terhadap lingkungan

Kondisi lingkungan yang baik dan mampu menyediakan sumber daya yang baik akan sangat mempengaruhi kehadiran dari species. Jika terdapat sebuah kolam dengan air yang mengandung asam tinggi atau mengandung belerang maka organism yang datang juga akan sangat sedikit karena kemungkinan hidup didalamnya sangatlah kecil.

Berbeda halnya dengan kolam dengan sir jernih, ketika seekor katak bertelur didalamnya maka akan mengundang organism lain seperti ular karena ketersediaan pangan yang ada di sana cukup baik. Pengertian dari ekosistem ini sudah sangat jelas bisa dipahami. Pengertian ekosistem yang telah disebutkan juga menyangkut manusia sebagai salah satu organism yang ada dalam sebuah ekosistem

Cari Artikel di Sini


Pengertian Ekosistem Secara Umum dan Organisme Didalamnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: