Pengertian Efek Rumah Kaca, Penyebab, Dampak dan Solusi

Pengertian efek rumah kaca adalah keadaan dimana terjadi proses meningkatnya suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh perubahan kondisi yang menjadikan atmosfer semakin panas karena pantulan cahaya matahari ke bumi dan cahaya tersebut tidak bisa dipantulkan dengan sempurna keluar atmosfer. Fenomena ini pertama kali dikenalkan oleh Joseph Fourer pada tahun 1824 sebagaimana pada saat itu kejadian ini dianggap sebagai peristiwa yang wajar terjadi.

Penyebab efek rumah kaca

Seiring berkembangnya jaman, definisi efek rumah kaca ini sering disebut dengan green house effect. Beberapa orang juga beranggapan bahwa fenomena ini terjadi karena perubahan alam yang semakin tidak menentu serta globalisasi yang menyebabkan bumi semakin tidak seimbang. Penyebab lain yang menyebabkan fenomena ini sangat berkaitan erat dengan kegiatan manusia di bumi yang mengakibatkan banyak sekali perubahan sehingga atmoesfer bumi mulai menipis. Banyak sekali gas-gas kimia yang menyebabkan terjadinya efek rumah kaca misal saja polusi udara akibat asap kendaraan, kebakaran hutan yang semakin merajalela dan masih banyak lainnya.

Dampak efek rumah kaca

Pengertian efek rumah kaca ini sangat berdampak pada kehidupan yang ada di bumi. Kondisi bumi yang semakin panas ini menyebabkan perubahan iklim yang semakin ekstrim sehingga sangat mengancam kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Selain itu dampak lain yang sering kita lihat akibat efek rumah kaca yaitu volume air laut yang semakin menyusut akibat penguapan yang terjadi setiap harinya. Hal ini juga berdampak pada ekosistem alam yang akan punah dengan cepat.

Solusi untuk efek rumah kaca

Penjelasan efek rumah kaca ini tidak hanya mengakibatkan dampak pada alam saja melainkan juga pada manusia itu sendiri. Misal saja dampak pada lingkungan, resiko tinggi akibat gangguan kesehatan, bahkan juga berakibat pada perekonomian dunia yang saat ini sangat mengkhawatirkan.

Solusi terbaik untuk menanggulangi dampak dari efek rumah kaca ini dimulai dari pengurangan kegiatan manusia yang dianggap sangat berlebihan. Misal saja dengan cara green building yang juga memprioritaskan daur ulang terhadap produk manusia. Itulah pengertian efek rumah kaca yang bisa dijadikan referensi.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Efek Rumah Kaca, Penyebab, Dampak dan Solusi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: