Pengertian Drama Secara Umum, Jenis dan Sejarahnya

Pengertian drama adalah karya sastra yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia dalam bertingkah laku yang dipentaskan dalam beberapa babak melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Seni drama biasanya disebut dengan seni teater. Kisah dan cerita dalam drama memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater. Naskah dalam drama dibuat sedemikian rupa sehingga dalam pementasannya dapat dinikmati oleh penonton

Jenis Drama

Berdasarkan penyajian lakon, maka jenis drama dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berikut ini :

  1. Tragedi yaitu drama yang isinya menggambarkan tentang kesedihan
  2. Komedi yaitu drama yang isinya penuh dengan kelucuan
  3. Tragekomedi yaitu perpaduan antara drama tragedi dan drama komedi
  4. Opera yaitu drama yang dialognya dinyanyikan dan juga diiringi oleh musik
  5. Melodrama yaitu drama yang dialognya diucapkan dengan melodi atau musik
  6. Farce yaitu drama yang mirip dengan dagelan tetapi tidak sepenuhnya berisi dagelan
  7. Tablo yaitu jenis drama yang mengutamakan gerak, dan para pemainnya tidak mengucapkan dialog tetapi hanya dengan melakukan gerakan-gerakan
  8. Sendratari yaitu gabungan antara seni drama dan dan seni tari

Sejarah Drama

Setelah kita mengetahui tentang pengertian drama, sekarang kita akan membahas tentang sejarah drama. Drama memang sudah ada sejak zaman dahulu sejak nenek moyang kita, yaitu sejak abad ke 5 SM.

Hal ini berdasarkan ditemukannya naskah drama kuno di unani dan penulisnya adalah Aeschylus yang hidup pada tahun 525-456 SM. Isi lakonnya berupa persembahan untuk memohon kepada dewa. Dan sejarah drama di Indonesia tidak jauh berbeda dengan yang ada di Yunani. Kalau di Indonesia awalnya dengan adanya upacara keagamaan yang diselenggarakan oleh para pemuka agama yang intinya mengucapkan mantra dan doa.

Pada umumnya pengertian drama mempunyai dua arti yaitu drama dalam arti luas dan drama dalam arti sempit. Drama dalam arti luas yaitu semua bentuk tontonan yang mengandung cerita yang dipertunjukkan di depan orang banyak. Dan drama dalam arti sempit adalah kisah hidup manusia dalam masyarakat yang dipentaskan di atas panggung.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Drama Secara Umum, Jenis dan Sejarahnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: