Pengertian Doa, Tujuan, Waktu Mustajab Dan Adabnya Dalam Islam

Pengertian doa dapat diartikan sebagai suatu permintaan atau permohonan kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam seperti meminta pertolongan, ampunan, keselamatan hidup, rezeki yang halal dan barokah, ketetapan iman dan juga Islam, dijauhkan dari marabahaya, sebagai ucapan syukur dan lain sebagainya. Secara bahasa, kata doa berasal dari bahasa Arab ”Du’a” yang berarti seruan. Jadi pengertian berdoa adalah menyeru, memanggil, memohon. Ada beberapa pendapat mengenai pengertian doa dari beberapa ulama. Menurut Muhammad Kamil Hasan al Mahami, doa ialah memohon kebaikan kepada Allah SWT. Kemudian menurut Syaikh Taqiyuddin Subki, berdoa lebih khusus dari beribadah yang artinya siapa yang merasa sombong tak mau melakukan ibadah, maka ia pasti sombong tak mau berdoa.

Tujuan Berdoa

Seperti halnya dalam pengertian doa yang memohon dan meminta kepada Allah SWT dalam berbagai hal, disini ada beberapa tujuan berdoa yang lebih rinci dalam Islam.

Tujuan tersebut diantaranya adalah memohon kehidupan yang selalu dalam jalan dan bimbingan Allah SWT, memohon keselamatan di dunia dan akhirat, sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT dan juga meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.

Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Dalam agama Islam, ada juga waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Artinya waktu-waktu tersebut sangat tepat untuk berdoa dan akan terkabul doanya.

Waktu-waktu tersebut adalah saat membaca Al Qur’an, setelah melaksanakan shalat wajib yaitu shalat 5 waktu, dan saat tengah malam sesudah menunaikan shalat tahajjud. Kemudian waktu mustajab juga saat menunaikan ibadah haji di Makkah, saat menjalankan ibadah puasa, baik wajib ataupun sunnah.

Adab Berdoa

Dalam Islam ada adab atau tata cara melakukan doa dengan benar yaitu menghadap ke arah kiblat, kemudian sebelum memulai berdoa membaca basmalah, kemudian istighfar, lalu hamdalah dan diikuti dengan bacaan shalawat kepada nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Selanjutnya kedua telapak tangan diangkat sebelum berdoa dan setelah berdoa mengusapkan kedua telapak tangan ke wajah. Selain itu, doa hendakanya juga dilakukan dengan tenang, khusyuk, serius dan ikhlas, berharap doa kita diterima Allah SWT dan kemudian ditutup dengan kembali membaca shalawat nabi dan pujian-pujian kepada Allah SWT. Sekian pengertian doa dan adabnya. Semoga bermanfaat


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: