Pengertian Dioda Yang Harus Diketahui Oleh Siswa

Pengertian dioda adalah suatu komponen elektronika yang mempunyai dua elektroda; anoda dan katoda. Pada dioda terdapat dua lapisan elektroda N (katroda) dan lapisan P (anoda). Lapisan N (katroda) bermuatan negatif, sedangkan pada lapisan P (anoda) adalah positif. Dioda termasuk komponen aktif semikonduktor. Sifatnya adalah mengalirkan atau menghantarkan arus listrik pada tegangan maju dan menghambat arus listrik pada tegangan balik. Dioda memiliki bentuk seperti sejenis vacum tube yang mempunyai dua elektroda yang pembuatannya dari bahan semikonduktor.

Jenis-jenis Dioda

1. Dioda Standar

Dioda standar mempunyai batasan-batasan tertentu yang tergantung pada spesifikasinya. Batasan-batasan yang dimaksud adalah batasan tegangan frekuensi, reverse, suhu dan arus. Dioda standar berfungsi sebagai penyensor suhu, penyearah sinyal AC, pemotong level, penurun tegangan, dan sebagai pengaman polaritas terbalik pada DC input.

2. LED (Light Emiting Diode)

Pengertian LED atau adalah dioda yang mempunyai lapisan fosfor dan bisa memancarkan cahaya saat diberikan polaritas di kedua kutubnya.

3. Dioda Zener

Dioda zener memiliki fungsi sebagai penyetabil tegangan. Dioda jenis ini juga dipakai untuk pembatas tegangan pada tingkatan tertentu sebagai pengaman rangkaian.

4. Dioda Photo

Pengertian diode photo adalah jenis komponen dioda yang peka terhadap cahaya. Dioda photo akan menghantarkan saat ada cahaya yang masuk dengan intensitas tertentu.Komponen dioda photo biasanya terdapat pada optical pick-up dan optocoupler di dalam sistem kerja CD.

5. Dioda Varactor

Dioda varactor bisa menghasilkan nilai kapasitansi tertentu yang sesuai dengan besar tegangan yang masuk padanya. Penggunaan dioda ini terdapat pada sistem penalaran digital di dalam televisi dan radio.

Fungsi-fungsi Dioda

Setelah mengetahui apa itu pengertian dioda beserta jenisnya. Dioda juga mempunyai banyak sekali fungsi. Berikut adalah fungsi-fungsi dari komponen dioda:

  1. Sebagai pengganda tegangan
  2. Untuk menyetabilkan tegangan
  3. Sebagai pengaman pada rangkaian elektronika
  4. Sebagai penyearah
  5. Untuk memangkas atau membuang tingkatan sinyal yang berada di atas atau di bawah tingkatan tegangan tertentu.
  6. Sebagai indikator (LED)
  7. Sebagai sensor panas
  8. Sebagai sensor cahaya

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: