Pengertian Diagram Secara Umum, Jenis dan Contoh Lengkapnya

Bila anda belum mengerti tentang definisi diagram maka anda dapat mencermati penjelasan pada artikel kali ini. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang diagaram dan jenis-jenisnya.

A. Pengertian Diagram Secara Umum

Diagram adalah suatu gambar yang bertujuan untuk memperlihatkan bahkan menerangkan suatu data yang akan kita sajikan. Definisi lain diagaram adalah sebagai lambang-lambang tertentu yang mana sering dipakai untuk menjelaskan suatu sarana, prosedur, maupun kegiatan-kegiatan yang telah biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.

B. Jenis-Jenis Atau Macam-Macam Diagram

Disini ada cukup banyak jenis diagram yang sering digunakan untuk mempresentasikan maupun kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari, dan contoh diagram yang terdapat dalam statistika adalah sebagai berikut :

Diagram Lingkaran / Pie Chart – Adalah jenis diagram yang penyajian data statistik menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Lalu bagian-bagian yang ada di daerah lingkaran, akan menunjukkan prosentase data.

Contoh Diagram Garis / Pie Chart (WIkipedia)

Untuk membuat digaram lingkaran ini kita terlebih dahulu harus menentukan besarnya prosentase tiap objek terhadap keseluruhan data serta menentukan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Diagram Batang – Untuk diagram yang ini umumnya digunakan untuk dapat menggambarkan suatu perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam jangka waktu tertentu tentunya.

Contoh Diagram Batang (gambar : ServiceNow Docs)

Dalam diagram batang ini akan menunjukkan berbagai keternagan dengan batang-batang yang berdiri tegak maupun datar dan mempunyai lebar yang sama dengan batang satu yang lainnya terpisah.

Diagram Garis / Line Chart – Dalam sebuah penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus umumnya disebut dengan diagram garis lurus atau diagram garis.

Dalam penggunaan diagram garis ini umumnya digunakan dalam penyajian data statistik berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Umumnya sumbu X akan menyatakan (menunjukkan) waktu pengamatan.

Contoh Diagram Garis

Contoh Diagram Garis / Lince Chart (Via : Excel Easy)

Untuk sumbu Y sendiri akan menunjukkan nilai-nilai data data pengamatan dalam suatu waktu tertentu. Kumpulan dari waktu serta pengataman ini akan membentuk titik pada bidang XY.

Kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi akan dihubungkan dengan sebuah garis lurus sehingga akan didapatkan sebuah diagram garis atau yang sering kita sebut dengan grafik garis.

Diagram Kotak Garis – Untuk menggambarkan diagram kotak garis ini data yang akan terpakai adala statistik Lima Serangkai, yang hal tersbeut terdiri dari data ekstrim (yang mana data terkecil dan data yang terbesar), Q1, Q2, serta Q3.

Contoh Diagram Kotak Garis (via yos3prens.wordpress.com)

Diagram Batang Daun – Diagram ini dapat pula digunakan sebagai contoh penyebaran suatu data. Pada diagram batang daun ini, data yang telah terkumpul akan diurutkan terlebih dahulu dari data yang berikuran lebih kecil hingga data dengan ikuran yang terbesar.

Contoh Diagram Batang / Penyebaran Data (via : yos3prens.wordpress.com)

Bila kita lihat dengan seksama maka diagram ini akan terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian batang dan daun. Untuk bagian batang ini akan memuat angka-angka puluhan, sedangkan untuk bagian daun sendiri akan memuat nagka satuan.

Nah itu tadi penjelasan mengenai diagram dan juga beserta contohnya. Semoga dalam penjelasan tadi akan bermanfaat bagi anda semua. Dan umumnya diagram ini akan digunakan pada saat kita mempresentasikan sesuatu. Terima kasih banyak telah membaca artikel kami.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Diagram Secara Umum, Jenis dan Contoh Lengkapnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: