Pengertian Diagnosa Beserta Tahapan Melakukan Diagnosa

Istilah medis seringkali membingungkan, terutama untuk kita yang memang berasal dari luar dunia medis itu sendiri. Salah satu istilah medis tersebut adalah Diagnosa. Mungkin Anda sudah mendengar kata Diagnosa yang seringkali diutarakan oleh seorang dokter. Namun, sebenarnya apa sih pengertian Diagnosa itu sendiri. Dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian dari Diagnosa.

Pengertian Diagnosa secara umum

Pengertian Diagnosa menurut kamus besar bahasa indonesia adalah penentuan jenis penyakit dengan cara meneliti atau memeriksa gejala-gejalanya atau pemeriksaan terhadap suatu hal. Diagnosa medis sendiri adalah penentuan jenis penyakit berdasarkan tanda dan gejala dengan menggunakan cara dan alat seperti laboratorium, foto dan klinik.

Sedangkan Diagnosa pembanding adalah Diagnosa yang dilakukan dengan membanding-bandingkan tanda klinis suatu penyakit dengan tanda klinis penyakit lainnya.

Pengertian Diagnosa secara umum lainnya adalah usaha untuk mengetahui atau mengidentifikasi mengenai suatu jenis penyakit atau masalah kesehatan yang diderita atau dialami seseorang pasien atau penderita. Hasil dari Diagnosa adalah sebuah diagnosa penyakit.

Pengertian Diagnosa, tahapan Diagnosa

Selain pengertian Diagnosa, sebaiknya Anda juga mengetahui tahapan-tahapan yang dijalani seorang dokter atau tenaga medis untuk mengetahui jenis penyakit dari pasien. Yaitu:

  1. Anamnesis, melakukan tanya jawab langsung maupun tidak langsung antara tenaga medis seperti dokter atau perawat dengan pasien atau keluarga pasien. Ada dua macam anamnesis, yaitu auto anamnesis atau tanya jawab yang ditujukan langsung kepada pasien dan allo anamnesis atau tanya jawab yang ditujukan pada keluarga pasien.
  2. Pemeriksaan fisik pasien, yang dilakukan dalam pemeriksaan fisik adalah:
    • Inspeksi, yaitu melihat, mengamati keadaan pasien secara garis besar. Misalnya cara jalan, dll.
    • Palpasi atau perabaan, dengan cara meraba panas badan, meraba adanya rasa nyeri, meraba adanya pembengkakan, dll.
    • Perkusi (ketukan), dengan cara mengetuk pada bagian tubuh yang sedang diperiksa.
    • Auskultasi (mendengarkan), mendengarkan dengan menggunakan alat seperti stetoskop.
    • Pemeriksaan penunjang, misalnya dilakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen, pemeriksaan USG, CT Scan, pemeriksaan MRI, dan masih banyak lainnya.

Itulah pengertian Diagnosa dan beberapa langkah yang dilakukan oleh tenaga medis demi mengetahui penyakit yang sedang diderita oleh pasien.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Diagnosa Beserta Tahapan Melakukan Diagnosa | Admin | 4.5
%d bloggers like this: